visitaaponce.com

Relawan Anies Laporkan Paguyuban Kades Brebes Deklarasi Ganjar

Relawan Anies Laporkan Paguyuban Kades Brebes Deklarasi Ganjar
Relawan Anies Baswedan datang ke Bawaslu Brebes.(Metro TV/Supardji Rasban.)

RELAWAN Anies Baswedan mendatangi Kantor Bawaslu Brebes, Jawa Tengah, Rabu (17/5). Mereka melaporkan kasus aksi paguyuban kepala desa (kades) di Kabupaten Brebes yang dianggap tidak netral karena mendeklarasikan dukungan terhadap Capres Ganjar Pranowo.

Rombongan relawan Anies yang mendatangi kantor Bawaslu Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dipimpin Ketua Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) Jawa Tengah Azmi A Madjid, Ketua SKI Brebes Sofro, dan beberapa relawan Anies. Sejumlah relawan Anies, baik perwakilan dari SKI Jawa Tengah dan SKI Kabupaten Brebes, diterima langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Brebes, Wakro, dan sejumlah jajarannya.

Azmi A Madjid menyampaikan pihaknya melaporkan secara resmi kegiatan paguyuban kades di Kabupaten Brebes yang pada 10 Mei lalu di Desa Buaran, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, mendeklarasikan capres dari PDI Perjungan, Ganjar Pranowo. Menurutnya, para kades seharusnya netral, karena mereka merupakan aparat pemerintahan. Pihaknya sudah ketemu ketua Bawaslu Brebes dan sudah mendiskusikan itu sebelum menyerahkan berkas laporan. Selain itu, pihaknya juga sudah berdiskusi secara daring dan hasilnya sedang diproses dan nanti diplenokan.

Baca juga: 3.000 Lokasi Gelar Halal Bihalal Bersama Anies, Awali Musyawarah Rabuan

Azmi mengapresiasi teman-teman media yang sudah membantu memberitakan kasus deklarasi Capres Ganjar POranowo yang dilakukan oleh Paguyuban Kades Kabupaten Brebes secara terbuka dan itu merupakan pelanggaran yang fatal. "Kami mendesak Bawaslu Kabupaten Brebes segera memproses laporan itu seadil-adilnya sesuai UU yang berlaku," ujar Azmi.

Ketua Bawaslu Brebes, Wakro, menyambut positif atas pelaporan dari relawan SKI dan relawan yang lain lantaran itu merupakan bagian dari peran serta aktif masyarakat. Wakro mengaku Bawaslu Kabupaten Brebes dan jajarannya di tingkat kecamatan juga sudah melakukan investigasi soal deklarasi calon presiden yang dilakukan paguyuban kades di kabupaten dan memang benar peristiwa itu atau bukan hoaks. Wakro berjanji Bawaslu Brebes akan menindaklanjuti laporan tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca juga: Rapat Koordinasi AB Center, Anies : Rangkul Seluruh Masyarakat dengan Santun

Sebelumnya, beredar potongan video berisi sejumlah kepala desa (kades) di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melakukan deklarasi mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024. Video berdurasi tiga detik ini beredar di media sosial dan viral. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat