visitaaponce.com

Bandara SMB II Palembang Siap Berangkatkan Calon Jemaah Haji

Bandara SMB II Palembang Siap Berangkatkan Calon Jemaah Haji
Ilustrasi(Antara)

CALON Jemaah Haji (CJH) asal Sumatra Selatan akan mulai berangkat ke Tanah Suci pada Sabtu, 27 Mei 2023 mendatang. Sebanyak 8.192 jemaah akan diberangkatkan dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

"Kami sebagai fasilitator siap memberangkatkan semua CJH hingga 22 Juni 2023," ujar Executive General Manager Bandara SMB II Palembang, R Iwan Winaya.

Keseluruhan CJH embarkasi Sumsel yang berangkat dari Bandara SMB II Palembang terbagi dalam 23 kelompok terbang (kloter). Penerbangan haji didukung berbagai fasilitas seperti runway berdimensi 3.000x45 meter untuk operasional pesawat wide body. "Selain itu, ada juga fasilitas lain yang telah disiapkan bagi CJH di SMB II Palembang, seperti X-Ray untuk pengecekan," katanya.

Baca juga : PPIH Cek Kesiapan 70 Maktab Haji di Mekkah

Kemudian fasilitas lain yang disediakan Bandara SMB II Palembang untuk semua CJH embarkasi Sumsel meliputi ruang tunggu internasional, musala, toilet, Garbarata, pengawalan kendaraan follow me, dan patroli keamanan.

"Kami berharap dukungan dan doa kepada seluruh masyarakat agar Bandara SMB II Palembang bisa menjadi embarkasi bagi para CJH tahun ini," pungkasnya.

Baca juga : Jadwal Keberangkatan Haji Tahun 2023, Cek Disini

Kloter pertama berangkat 24 Mei 2023

Operasional penyelenggaraan haji 1444 H/2023 M akan dimulai pada 24 Mei 2023. Ini ditandai dengan pemberangkatan jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 1 yang akan diterbangkan dari Indonesia menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

Pekan lalu, sebanyak 489 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah diberangkatkan, terdiri dari 100 petugas haji Daerah Kerja (Daker) Bandara, 248 petugas haji Daker Madinah, 12 petugas di Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah, serta 129 tenaga kesehatan. Pelepasan petugas ini dilaksanakan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Pada musim haji 1444H/2023M, tidak kurang dari empat ribu petugas akan diturunkan untuk memberikan pelayanan selama di Tanah Suci. Hilman menjelaskan, para petugas berasal dari berbagai sektor. "Kehadiran PPIH Arab Saudi yang direkrut dari berbagai unsur pemerintah dan masyarakat sipil ini, diharapkan dapat menjadi penopang layanan untuk jemaah haji Indonesia yang terbaik," ujar Dirjen PHU Kemenag Hilman Latief. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat