visitaaponce.com

Culturide 2023 Perkuat Hubungan Qatar-Indonesia

Culturide 2023 Perkuat Hubungan Qatar-Indonesia
Pebalap sepeda Indonesia dan Qatar melintasi Pojok Beteng Kulon pada acara Culturide di Yogyakarta, Rabu (7/6).(ANTARA/HENDRA NURDIYANSYAH)

CULTURIDE 2023 yang digelar pada Rabu (7/6) diikuti oleh 100 pesepeda asal Qatar dan Indonesia. Kegiatan tersebut menjadi salah satu rangkaian dari Qatar-Indonesia Year of Culture 2023.

Culturide 2023 menempuh jarak kurang lebih 93 km. Para pesepeda dilepas dari halaman depan Benteng Vredeburg Yogyakarta dengan tujuan akhir Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X yang melepas para pesepeda mengucapkan selamat datang kepada Wakil Perdana Menteri atau Menteri Negara Qatar bersama rombongannya.

"Saya atas nama Pemerintah Daerah DIY mengucapkan selamat datang kepada Hamad Al Kawari State Minister of Qatar serta seluruh anggota delegasi serta pada seluruh partisipan baik dari Qatar maupun Indonesia yang pada kesempatan ini berkunjung ke Indonesia dalam rangka kegiatan bersepeda," ucap Paku Alam.

Baca juga: Film Paku Tanah Jawa Segera Syuting di Yogyakarta

Ia menambahkan, acara Culturide pada tahun ini merupakan sebuah kehormatan bagi Yogyakarta selaku tuan rumah karena dapat turut terlibat dalam rangkaian kegiatan Qatar Indonesia Year of Culture 2023. Harapannya seluruh rangkaian agenda internasional ini dapat berlangsung dengan kondusif, lancar, dan sukses.

State Minister of Qatar, Hamad Al Kawari mengatakan, acara CultuRide 2023 yang diselenggarakan di Indonesia tepatnya di Yogyakarta ini merupakan acara khusus pada tahun ini. Acara ini menjadi awal dari kegiatan-kegiatan yang akan datang kedepannya. Tujuan diselenggarakannya Culturide adalah untuk memperkuat hubungan yang kuat antara para pemuda Qatar dan Indonesia.

Baca juga: Gelar Tahun Kebudayaan, Indonesia-Qatar Dorong Kerjasama Budaya, Pendidikan, Ekonomi Kreatif, dan Moderasi Islam

Dirinya pun mendoakan seluru peserta agar selamat semuanya dalam mengikuti Culturide 2023. "Kami juga selalu berharap baik terhadap ubungan Qatar dan Indonesia. Dan acara ini harapannya dapat memperkuat hubugan kedua negara Indonesia dan Qatar," papar Hamad.

Pelepasan para pesepeda dilakukan secara unik dengan terlebih dulu ditampilkan tarian Jogja Istimewa. Selanjutnya, State Minister of Qatar, Hamad Al Kawari mengibarkan bendera yang menandai pelepasan para pesepeda mengikuti Culturide 2023. Sementara itu, Paku Alam X dan Fauziah Al Sulaiti, Duta Besar Qatar untuk Indonesia, ikut memeriahkan pelepasan dengan memukul kentongan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat