visitaaponce.com

BNPB Salurkan Bantuan Penanganan Banjir Parigi Moutong

BNPB Salurkan Bantuan Penanganan Banjir Parigi Moutong
Ilustrasi warga membersihkan material dari dalam rumahnya yang rusak akibat diterjang banjir(Antara)

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan bantuan Rp250 juta dan logistik untuk penanganan banjir di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Tenaga Ahli BNPB Jahidin Chilo mengatakan, dana itu siap pakai untuk pelbagai kegiatan operasional selama masa tanggap darurat bencana di Kecamatan Balinggi dan Torue.

“Kehadiran pemerintah sangat dibutuhkan selama masa tanggap darurat, oleh karena itu untuk mendukung penanggulangan kami salurkan Rp250 juta bantuan,” terangnya dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia di Palu, Minggu (11/6).

Baca juga : BNPB Prioritaskan Antisipasi Karhutla di Tujuh Provinsi  

Menurut Jahidin, dalam masa tanggap darurat pemerintah daerah akan fokus melakukan perbaikan infrastruktur yang terdampak, terutama kegiatan normalisasi sungai dan pemenuhan kebutuhan dasar warga.

Baca juga : Gus Yahya: Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Harus Didekati dari Berbagai Perspektif

Selain dana siap pakai, lanjutnya, BNPB juga menyalurkan bantuan logistik berupa tenda pengungsian dua unit, hygiene kit 300 paket, sembako 500 paket, mesin generator 10 unit, perkakas 300 unit, selimut dan matras masing-masing 1.000 unit dengan total anggaran senilai Rp2,3 miliar.

“Logistik dan peralatan lainnya menjadi kebutuhan mendesak pascabencana. Oleh karena itu penting disediakan,” tandasnya.

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur Kecamatan Balinggi dan Torue di Parigi Moutong pada Senin lalu menyebabkan banjir. Dalam musibah itu, selain merendam ratusan rumah penduduk juga menewaskan satu warga.

Hingga saat ini masih ada 41 jiwa warga Dusun Jatilui, Desa Catur Karya, Kecamatan Balinggi yang mengungsi.

Mereka terpaksa masih bertahan di bawah tenda darurat karena tempat tinggalnya rusak terdampak banjir. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat