visitaaponce.com

Harapan Panjang Dua Dusun Terisolir di Flotim Terang Benderang

Harapan Panjang Dua Dusun Terisolir di Flotim Terang Benderang
Dusun Meko dan Dusun Arang Kabupaten Flores Timur, yang selama ini terisolir akan mendapatkan aliran listrik pada Agustus mendatang.(MI/Gabriel Langga)

PENANTIAN panjang masyarakat di Dusun Meko dan Dusun Arang di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur (Flotim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mendapatkan listrik kini mulai terwujud. Sejumlah tiang listrik sudah terlihat di sepanjang jalan ke dua dusun yang terisolir itu. 

Rumah-rumah yang selalu dilanda kegelapan kala malam, diperkirakan Agustus mendatang mulai terang benderang. 

Manajer PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Adonara, Priyo Edy Wibowo mengatakan berdasarkan penetapan PLN Pusat, proyek listrik tahun 2023  di Kabupaten Flores Timur dilaksanakan di Dusun Meko dan Dusun Arang di Pulau Adonara.

Baca juga: Warga Adat Adang Petugas PLN Ke Lokasi Pengeboran Geothermal

Di mana kata dia, pembangunan jaringan listrik di Dusun Meko yang berada di , Desa Pledo di Kecamatan Witihama dan Dusun Arang yang berada di  Desa Sagu di Kecamatan Adonara.

Proses tender proyek pembangunan jaringan listrik, kata Priyo sudah selesai. Saat ini pihak vendor sedang melakukan droping material, berupa tiang-tiang listrik di kawasan tersebut. 

Baca juga: PLN Beri Pelatihan Konversi Motor Listrik ke UMKM Daerah

"Saat ini sudah mulai pemasangan jaringan listriknya. Tiang-tiang sudah di drop ke jalan- jalan. Rencana ini hari mulai dengan pengggalian lubangnya untuk pemasangan tiang listrik tersebut," papar dia, Selasa (13/6) .

Priyo mengatakan rencana pekerjaan pemasangan jaringan listrik itu akan selesai Juli 2023. Apabila tidak ada hambatan dan halangan, masyarakat akan menikmati listrik pada Agustus 2023.

"Kalau tidak ada halangan dan hambatan. Bulan Agustus 2023, mereka akan menikmati listrik," ujar dia.

Lebih lanjut Priyo mengatakan pemasangan listrik di dua itu merupakan program pemerintah pusat lewat Penyertaan Modal Negara (PMN), untuk mendukung program 100% rasio elektrifikasi 2024 di Indonesia.

"Kalau di Kabupaten Flores Timur sisa dua Dusun saja yakni Dusun Arang dan Dusun Meko. Dua dusun itu bakal menikmati listrik tahun ini karena sudah dalam proses pengerjaan. Dengan dua dusun teraliri listrik, maka tahun ini semua Kabupaten di Flores Timur semua teraliri listrik," papar dia.

Priyo berharap dengan dialiri llistrik, kedua desa itu mampu meningkatkan kualitas hidup dan ekonomi mereka. (Z-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat