visitaaponce.com

Harga Hewan Kurban Mulai Naik

Harga Hewan Kurban Mulai Naik
Ternak sapi yang diperdagangkan untuk Idul Adha(MI / Djoko)

KETERSEDIAN hewan kurban di Palu, Sulawesi Tengah, mencukupi kebutuhan masyarakat untuk perayaan hari raya Idul Adha 1444 hijriah. Namu harga hewan kurban terpantau tetap mengalami kenaikan 

Salah satu pedagang, H Sudirman mengatakan, hewan kurban seperti sapi, kambing, hingga domba melimpah di pasar hewan Palu.

“Kebetulan tahun ini banyak peternak yang ingin menjual hewannya. Makanya stok yang dijual pedagang di pasar banyak,” terangnya saat ditemui di pasar hewan Palu, Rabu (14/6).

Baca juga : Mau Banyak Makan Daging tapi Tetap Sehat saat Idul Adha? Ini Tipsnya

Menurut Sudirman, harga hewan kurban saat ini mengalami penaikan. Khusus sapi misalnya, harga termurah di kisaran Rp13,5 juta hingga Rp14 juta per ekor.

Baca juga : Jelang Idul Adha. Harga Hewan Kurban di Palu Mulai Naik

Dan paling mahal mulai dari Rp30 juta sampai Rp50 juta per ekor.

“Harga ini tergantung ukuran sapi. Kalau dibanding harga tahun lalu, tahun ini ada penaikan harga sekitar Rp1 juta per ekor,” ungkapnya.

Selain sapi, harga kambing dan domba juga naik. Di mana, untuk kambing dengan ukuran sedang harganya mulai Rp2 juta hingga Rp2,5 juta per ekor. Sedangkan yang besar Rp3,5 juta sampai Rp4 juta per ekor.

“Kalau kambing ada penaikan Rp500 ribu per ekor,” imbuhnya.

Pedagang lainnya, Andi Iqbal menambahkan, penaikan harga hewan kurban tahun ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, harga di tingkat peternak juga mahal.

“Penyebabnya karena harga pakan ternak mahal. Jadi wajarlah harga naik. Toh penaikannya juga tidak signifikan,” tandasnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat