visitaaponce.com

Kabupaten Aceh Timur Lakukan Panen Raya Udang Vaname Aquakultur

Kabupaten Aceh Timur Lakukan Panen Raya Udang Vaname Aquakultur
Hasbalah Bin H. M Thaib Sh (mantan Bupati Aceh Timur) bersama Direktur PT. Parigi Aqukultura Prima Rudy H Wibowo.(Ist)

PENJABAT (Pj) Bupati Aceh Timur Mahyuddin melakukan panen raya udang vaname hasil budi daya dengan sistem aquakultur di Desa Matang Neuhen Kecamatan Nurussalam, Aceh Timur. 

"Kita melakukan panen perdana yang merupakan investasi tambak udang vaname di Aceh Timur, yang mana hasilnya sangat memuaskan, " ujar Mahyuddin.

Pernyataan Mahyudin disampaikan usai melakukan panen perdana yang didampingi pejabat lainnya Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh Timur, Cut Ida Maria, dan Hasbalah yang akrab disapa Rocky yang juga mantan Bupati Aceh Timur yang menjabat dua periode.

Baca juga: Wapres Panen Udang di Kebumen, Capai 40 Ton per Ha

Pj Bupati menjelaskan untuk bisa memanen udang tersebut, membutuhkan waktu sekitar 100 hari. Hasil panen yang didapat yakni sebanyak 9 ton untuk setiap kolamnya.

Kawasan tambak terdiri tersebut dari 12 petak kolam dengan luasan masing-masing 2.500 meter persegi, tambak juga dilengkapi dengan instalasi pengolahan air limbah (Ipal) dan tandon air.

Dikelola Mantan Bupati Aceh Timur

Kawasan ini dikelola Rocky yang sudah banyak mempelajari keberhasilan dari tambak udang berkelanjutan PT Parigi Aquakultura Prima Group 

Baca juga: Tambak Udang SMK PK Puger Jember Jadi Salah Satu Contoh Sukses Implementasi TeFa 

"Ini merupakan panen perdana, dari panen parsial awal kita ikuti dengan jumlah 8,5 ton. Kemudian panen parsial kedua yakni 10,5 ton. Diharapkan panen perdana ini bisa mencapai 57 ton, dari jumlah benur yang ditabur sebanyak 3,2 juta, " jelas Mahyddin. 

Klaster tambak tersebut dibangun untuk meningkatkan produktivitas, sehingga kesejahteraan masyarakat pun akan naik. Pihaknya menargetkan indeks kesejahteraannya meningkat hingga mencapai 140. 

Mahyuddin berharap masyarakat dapat menyerap ilmu budi daya udang vaname. Apalagi Aceh Timur merupakan wilayah pesisir dengan jumlah lahan tambak yang luas. 

klaster tambak ini bangun untuk meningkatkan produktivitas, sehingga kesejahteraan masyarakat naik. 

Baca juga: KKP Berhasil Kembangkan Induk Udang Unggul Vaname

Sebelumnya, dilakukan revitalisasi tambak sehingga produktivitas tambak dengan model klaster lebih tinggi dan lebih ramah lingkungan.

Program Revitalisasi Tingkatkan Hasil Panen Udang 

Program revitalisasi tersebut ditargetkan dapat meningkatkan kuantitas panen udang vaname, serta sebagai sarana edukasi bagi masyarakat pembudidaya. Dengan demikian diharapkan dapat berkontribusi tinggi pada target produksi udang nasional.

Baca juga: Petani Milenial Jawa Barat Panen Udang Vaname

Teknisi budi daya udang vaname, Muarif, mengatakan banyak sekali keunggulan budi daya vaname dengan sistem aquakultur.

"Salah satunya udang vaname bisa ditebar dangan padat tebar yang tinggi. Kemudian untuk mendapatkan panen yang bagus ada beberapa yang harus diperhatikan, salah satunya kualitas air, pakan yang cukup,dan pemberian vitamin,sehingga pada saat panen hasilnya lebih memuaskan, " kata Muarif. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat