visitaaponce.com

Tim Temukan Jasad ABK KM Permata Maju di Selat Malaka

Tim Temukan Jasad ABK KM Permata Maju di Selat Malaka
Jasad ABK KM Permata Maju saat dievakuasi dari perairan Selat Malaka ke atas Kapal SAR RB 203, Minggu (16/7) dini hari.(DOK Basarnas Medan.)

TIM SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan seorang anak buah kapal (ABK) KM Permata Maju setelah tujuh hari lalu dilaporkan hilang di perairan Selat Malaka. Jasad seorang ABK KM Permata Maju dievakuasi pada Minggu (16/7) malam.

Evakuasi dilakukan setelah sebelumnya korban ditemukan di perairan Selat Malaka. "Pukul 22.05 WIB personel tim SAR Gabungan tiba di lokasi penemuan korban," ujar Budiono, Kepala Kantor Basarnas Medan, Senin (17/7).

Seorang ABK KM Permata Maju bernama Deddy Susilo sebelumnya dilaporkan hilang setelah terjatuh ke laut saat menurunkan pukat di perairan Selat Malaka. Peristiwa itu terjadi pada Minggu (9/7) dini hari sekitar pukul 02.35.

Baca juga: Pelaku Pembunuhan Gadis di Dalam Karung Ternyata Ayah Kandung Sendiri

Sebelum terjatuh, pria berusia 37 tahun itu berjalan di sebelah kiri lambung kapal hendak menurunkan pukat ke laut untuk menangkap ikan. Namun, belum diketahui penyebabnya, korban mendadak terjatuh ke laut dan menghilang.

Kemudian nakhoda kapal dan seluruh ABK langsung melakukan pencarian, tetapi tidak kunjung menemukan korban. Hingga pada Senin (10/7) siang, kejadian tersebut dilaporkan ke Kantor Basarnas Medan.

Baca juga: Cleo Festival Kuliner 2023 Digelar di Bandung

Saat masih melakukan pencarian pada Sabtu (15/7) sore sekitar pukul 17.25, tim SAR gabungan yang dibentuk Basarnas Medan mendapat informasi mengenai penemuan Deddy Susilo. Mereka menerima informasi ada kapal nelayan yang menemukan korban berjarak sekitar 40 Nautical Mile (NM) menuju arah utara dari Pelabuhan Belawan, Medan.

Selanjutnya tim SAR gabungan langsung bergerak menuju lokasi untuk mengevakuasi korban yang sudah meninggal dunia menggunakan Kapal SAR RB 203. Jasad korban selanjutnya dibawa menuju Pelabuhan Belawan dan tiba pada Minggu (16/7) pukul 01.00. "Korban kemudian diserahkan kepada pihak keluarga yang sudah menunggu di dermaga," pungkas Budiono. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat