visitaaponce.com

KKP Tangkap Kapal Ikan Asing Berbendera Malaysia Di Selat Malaka

KKP Tangkap Kapal Ikan Asing Berbendera Malaysia Di Selat Malaka
Ilustrasi(Bakamla)

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menangkap satu unit kapal ikan asing berbendera Malaysia di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 571 di perairan Selat Malaka.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP Pung Nugroho Saksono mengungkapkan modus operandi kapal asing itu adalah melakukan aktivitas penangkapan ikan di wilayah perbatasan, kemudian masuk ke wilayah Indonesia dengan menyimpan bendera Malaysia yang semula dikibarkan.

"Kapal ikan asing itu tidak dilengkapi dokumen perizinan berusaha penangkapan ikan yang sah serta menggunakan alat tangkap terlarang yakni berupa jaring," ujar Pung di Jakarta, Selasa (5/3).

Baca juga : Malaysia Klarifikasi soal Traktat Terbaru Batas Wilayah Selat Malaka dan Laut Sulawesi

Kapal berjenis seakeeping 60 gross tonnage (GT) dengan ttoal lima buah kapal (ABK) itu merupakan WNA berkebangsaan Myanmar. Saat ditangkao, mereka sudah mengeruk 110 kilogram ikan dengan berbagai jenis.

Saat hendak ditangkap, para ABK tersebut sempat melakukan aksi perlawanan dan dua orang berusaha melarikan diri dengan melompat ke laut. Namun aksi para ABK yang menceburkan diri ke laut berhasil diamankan.

Selain tidak berizin, kapal yang ditangkap oleh unit kepanjangan KKP, yakni Stasiun PSDKP Belawan, Medan, Sumatra Utara itu, diduga melanggar Pasal 92 Jo Pasal 26 ayat (1) Pasal 98 jo Pasal 42 ayat (3) Sektor Kelautan Dan Perikanan UU No 6 Tahun 2023 Tentang Penetapan Perpu No. 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja, dan Pasal 85 Jo Pasal 9 UU No. 45 Tahun 2009 tentang perubahan atas UU RI No. 31 Tahun 2004 Tentang Perikanan.l, dengan ancaman hukuman penjara paling lama 5 tahun dan denda maksimal Rp2 miliar. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat