visitaaponce.com

Helikopter Water Bombing Bantuan BNPB Tiba di Kalsel

Helikopter Water Bombing Bantuan BNPB Tiba di Kalsel
BNPB mengirimkan helikopter water bombing guna membantu pemadaman karhutla di wilayah Kalsel.(MI/Denny Susanto Ainan)

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali mengirimkan bantuan helikopter water bombing guna mengatasi kondisi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Kalimantan Selatan yang semakin parah.

"Helikopter water bombing jenis MI8 MTV-1 Reg EX 08033 dari BNPB telah tiba di bandara Syamsudin Noor dan selanjutnya akan segera dioperasikan untuk membantu mengatasi karhutla di Kalsel," ungkap Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Kalsel, Pormadi Dharma, Rabu (19/7).

Helikopter water bombing kedua bantuan BNPB ini mampu mengangkut air sebanyak empat ton. Heli MI8 MTV-1 ini akan beroperasi membantu pemadaman karhutla bersama helikopter type AS350B3 yang merupakan helikopter multifungsi sebagai heli patroli sekaligus pemboman air dengan kapasitas angkut lebih kecil sebanyak satu ton air.

Baca juga : Karhutla di Kalsel Terkendali, BNPB Tarik Helikopter Water Bomb

Ditambahkan Pormadi, saat ini kondisi karhutla di Kalsel semakin parah dimana sebagian titik api atau kebakaran terjadi di lokasi yang sulit dijangkau unit Satgas darat sehingga penguatan unit satgas udara sangat diperlukan.

"Sebagian karhutla dan titik api terjadi di daerah yang jauh dan sulit dijangkau satgas darat," kata Pormadi.

Data Pusdalops BPBD Kalsel, dalam beberapa hari terakhir karhutla terus terjadi sejumlah daerah seperti Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Tapin, Kotabaru, Hulu Sungai Selatan, Barito Kuala dan Balangan. Jumlah sebaran titik api pun meningkat mendekati 3.000 titik api.

Sementara Sekretaris Tim Restorasi Gambut dan Mangrove Daerah (TRGMD) Kalsel, Sayuti Enggok mengakui kondisi kebakaran yang melanda areal lahan gambut di Kalsel terus terjadi. 

"Sebagian kawasan  lahan gambut di Kalsel sudah kering dan rusak karena hampir setiap tahun terbakar. Kita berharap kegiatan TMC yang dilakukan BRGM dan BRIN dapat memaksimalkan pembasahan lahan gambut sehingga kebakaran dapat diatasi," ujarnya. (DY/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat