visitaaponce.com

Festival Bawang Merah Brebes untuk Jaga Stabilitas Harga dan Stok

Festival Bawang Merah Brebes untuk Jaga Stabilitas Harga dan Stok
Puluhan petani siap menanam bawang di lahan garapan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah,( MI/RAMDANI)

KANTOR Bank Indonesia Perwakilan (KPw) Tegal berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar Festival
Bawang Merah. Festival ini merupakan upaya menjaga kestabilan harga dan ketersediaan bawang merah nasional. Hal itu disampaikan Deputi KPW BI Tegal, Teguh Triyono, usai membuka Festival Bawang Merah Brebes 2023, di kompleks Islamic Brebes, Jumat (21/7).

Festival Bawang Merah Brebes 2023  berlangsung 21-23 Juli 2023. Teguh menuturkan Kabupaten Brebes sebagai salah satu wilayah penghasil
utama bawang merah di Indonesia menyumbang lebih dari 384,4 ribu ton atau 19,5% dari produksi bawang merah nasional pada 2023.

"Festival Bawang Merah Brebes 2023 merupakan perwujudan program unggulan dalam rangka sinergi program Tim Pengendalian Inflasi daerah (TPID) di wilayah Eks Karesidenan Pekalongan pada Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) tahun 2023," ujar Teguh.

Teguh menyebut sinergi program TPID meliputi dukungan memperkuat ketahanan komoditas hortikultura dan pasokan pangan strategis lainnya yaitu  perluasan Kerjasama Antar Daerah (KAD), Penguatan koordinasi dan komunikasi untuk menjaga ekspektasi inflasi.

"Agenda festival meliputi penigkatan literasi terkait budidaya bawang merah melalui sosialisasi dan edukasi khususnya bagi para petani, edukasi QRIS dan sosialisasi Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah," terang Teguh.

baca juga: Tol Cisumdawu Bawa Berkah bagi Wisata Cirebon

Teguh menambahkan selain ada Launching Ekspor Bawang Merah, penandatanganan MoU KAD, Showcasing lebih dari 50 UMKM Binaan Bank Indonesia, Pemkab. Brebes dan Stakeholder terkait.

"Ada juga kampanye penggunaan produk turunan bawang merah, perlombaan dan festival budaya tradisional bertemakan bawang merah, pemilihan Duta Bawang Merah Brebes dan lomba memasak," terang Teguh.

Menurut Teguh, Ke depan Festival Bawang Merah Brebes akan diagendakan sebagai Flagship Event tahunan Kab. Brebes. "Tujuannya tentu untuk mengkampanyekan tradisi dan budaya Brebes yang sangat erat kaitannya dengan bawang merah," jelasnya.

Direktur Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto menyampaikan dari festival bawang merah, ingin menunjukkan bahwa Kabupaten Brebes merupakan salah satu penyangga bawang di Indonesia.

"Karena bawah merah merupakan salah satu komoditas yang sangat terkait dengan inflasi, kita ingin Kabupaten Brebes melalui bawang merahnya bisa menjaga sekaligus mengendalikan inflasi," ujar Prihasto. (N-1)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat