visitaaponce.com

Sempat Hilang 2 Pekan, Pertamina Tambah 400 Ribu Tabung 3 Kg

Sempat Hilang 2 Pekan, Pertamina Tambah 400 Ribu Tabung 3 Kg
Gas LPG 3 kg.(MI/RENDY FERDIANSYAH)

HARGA dan stok gas LPG atau elpiji 3 kilogram di Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan sekitarnya sudah kembali normal setelah awal Juli sempat menghilang selama dua pekan. Bahkan harga juga sempat melambung dan naik 100% dari harga eceran tertinggi (HET) yang hanya Rp18.500 per tabung.

Selama dua pekan itu, kalau pun elpiji 3 kg ada, hanya dijual di warung kecil pengecer dengan harga menyentuh Rp45 ribu per tabung. Di sejumlah agen dan pangkalan, stoknya kosong. Bahkan, di stasiun pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU) juga habis.

Area Manager Communication, Relations, dan CSR Pertamina Regional Sulawesi Fahrougi Andriani Sumampouw mengaku sempat bingung, alasan terjadi kelangkaan, lantaran menjelang Idul Adha dan libur panjang stok elpiji 3 kg telah ditambah.

”Kami sudah melakukan penambahan sebanyak 457.960 tabung untuk seluruh wilayah Sulawesi. Bahkan, realisasi penyaluran hingga Juni sudah mencapai 142.089 metrik ton dari kuota 140.000 metrik ton. Artinya, sebenarnya sudah lebih,” ungkap Fahrougi.

Baca juga: Gas LPG 3 Kg Langka di Badung

Penambahan 457.960 tabung ini meliputi Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 242.200 tabung, Sulawesi Tenggara 61.400 tabung, Sulawesi Barat 22.400 tabung, Sulawesi Tengah 45.920 tabung, Sulawesi Utara 45.360 tabung, dan Gorontalo 40.680 tabung.

"Setelah dicek, letak persoalan sehingga terjadi kelangkaan, kemungkinan karena awal bulan ini, terjadi peningkatan konsumsi, dan pemanfaatan bagi yang tidak berhak," lanjut Fahrougi.

Pihak Pertamina, juga sedang melakukan pencocokan data untuk penerima manfaat elpiji subsidi. Pencocokan data ini sudah berjalan sejak April 2023 dan dilakukan secara bertahap di pangkalan-pangkalan resmi Pertamina di seluruh Indonesia.

Program pendataan itu, sama halnya dengan subsidi tepat BBM yang menggunakan QR code. "Namun, dalam transaksi pembelian elpiji 3 kg tidak menggunakan QR code, tetapi menunjukkan KTP dan kartu keluarga yang terdaftar dalam data P3KE (Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem)" serunya.

Baca juga: Pengamat: Tidak Pernah Ada Solusi dari Pemerintah untuk Atasi Kelangkaan LPG

Fahrougi meminta pemerintah dan aparat terkait ikut mengawasi distribusi elpiji agar tepat sasaran. Warga yang tidak berhak juga diingatkan untuk tidak menggunakan elpiji 3 kg karena Pertamina juga menyediakan produk non-subsidi Bright Gas 5,5 kg-12 kg. Di wilayah Sulawesi, sampai dengan Mei 2023, terdapat 338 agen dan 30.014 pangkalan elpiji 3 kg

Meski pun pasokan elpiji 3 kg sudah mulai normal, tapi harganya masih di atas HET. Di tingkat pengecer, harga mencapai Rp22 ribu per tabung melon.

Terpisah, Senior Supervisor Comrel Pertamina Regional Sulawesi Romi Bahtiar mengimbau masyarakat untuk melaporkan lokasinya ke Pertamina jika terjadi kelangkaan atau kenaikan harga elpiji melalui call center 135.

“Nanti akan ada tim lapangan yang akan survei dan tindak lanjuti terkait laporan dan kurangnya pasokan elpiji 3 kg itu,” pungkas Romi. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat