visitaaponce.com

Festival Rawat Jagat 2, Merayakan Keindahan Alam dan Kebudayaan di Pacitan

Festival Rawat Jagat #2, Merayakan Keindahan Alam dan Kebudayaan di Pacitan
Festival Ruwat Jagat(MI/HO)

KONSORSIUM Kangen Pacitan didukung oleh Pemerintah Kabupaten Pacitan, dan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menggelar Festival Rawat Jagat #2 pada 29 Juli 2023 mendatang dengan tema "Nature & Environment".

"Rawat Jagat #2 ini berangkat dari tradisi masyarakat di Pacitan merayakan syukur kepada Tuhan, sekaligus sebagai pengingat bagi kita semua penghuni semesta ini untuk merawat dan menjaga keseimbangan alam," ujar Abdilah Yusuf, dari Konsorsium Kangen Pacitan lewat keterangan yang diterima, Rabu (26/7).

Baca juga: Rekomendasi 10 Pantai di Pacitan Jawa Timur, Cocok untuk ‘Healing’ Libur Lebaran

Rawat Jagat #2 dikemas dalam bentuk festival sebagai sebuah peristiwa kebudayaan, yang tidak saja untuk menggerakan ekosistem kebudayaan di Pacitan, tetapi juga sebagai cara kreatif masyarakat di daerah tersebut Kegiatan ini mengolaborasikan tradisi dengan seni pertunjukan kekinian yang bisa dinikmati semua lapisan masyarakat, termasuk para traveler dan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Baca juga:Kiai Muda Jatim Gelar Penyuluhan Stunting di Pacitan

Secara terpisah Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji menyatakan, Pacitan memiliki sejumlah potensi kebudayaan, juga potensi alam yang indah. Namun, sebagaimana daerah pesisir selatan laut Jawa lainnya, Pacitan juga berhadapan dengan berbagai potensi bencana alam berupa gempa, tsunami, banjir, dan lainnya.

"Karenanya Festival Rawat Jagat #2 juga bagian dari pengingat potensi bencana yang tentu kita harapkan tidak terjadi. Akan tetapi kita semua harus bersiap menghadapinya bila terjadi, sekaligus melakukan mitigasi untuk mengurangi resiko. Cara kebudayaan seperti rawat jagat ini adalah salah satu ikhtiar yang bisa kita lakukan," ujarnya.

Festival yang digelar selama satu hari di Pacitan itu akan menyuguhkan berbagai ragam seni pertunjukan baik seni tradisi, modern, hingga pertunjukan musik dalam 4 (empat) panggung pertunjukan lainnya yang disediakan oleh penyelenggara. Semua venue pertunjukan ada di Kota Pacitan yang tersebar di venue 1 (Depan SMPN 1 Pacitan, venue 2 (Depan Perpuspda Pacitan), venue 3 (Depan DPRD Pacitan), dan venue utama di Tugu Penceng, Pacitan.

Seniman dan musisi dari berbagai daerah di Indonesia akan menyemarakan pertunjukan di panggung utama. Salah satu kolabor yang akan tampil di Rawat Jagat adalah musisi Gondrong Gunarto, dan Jogja Hip Hop Foundation.

"Silakan datang ke Pacitan, selain menikmati ragam seni pertunjukan dan kuliner, teman-teman yang datang ke Pacitan dapat menikmati aneka pemandangan pantai  dengan pasir yang indah di Pacitan seperti Pantai Watu Karung, Pantai Srau, Pantai Soge, Pantai Klayar, Pantai Pangasan, Pantai Kasap, dan Pantai Teleng Ria. Beberapa pantai bisa digunakan untuk olahraga surfing," pungkas Indrata. (H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat