visitaaponce.com

Gelombang Tinggi dan Angin Kencang, Nelayan Babel Diminta Tidak Melaut

Gelombang Tinggi dan Angin Kencang, Nelayan Babel Diminta Tidak Melaut
Nelayan di Bangka Belitung dihimbau tidak melaut karena gelombang tinggi dan angin kencang yang terjadi diempat perairan.(Freepik)

GELOMBANG tinggi hingga 2,5 meter dan angin kencang melanda sejumlah perairan di Provinsi Bangka Belitung (Babel). Nelayan pun di minta untuk tidak melaut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel Mikron Antariksa mengungkapkan berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ada empat perairan yang mengalami gelombang tinggi. Di mana ketinggiannya mencapai 1,5 meter - 2,5 meter. 

"Perairan selatan Bangka dan Selat Gelasa tinggi gelombang 1,5 meter dengan kecepatan angin 37 km/jam sedangkan perairan utara Bangka dan Selat Karimata Gelombang 2 meter hingga 2,5 meter, kecepatan angin 45 km/jam," kata Mikron, Minggu (30/1).

Baca juga: BMKG Sebut 63 Persen Wilayah Indonesia Sudah Memasuki Musim Kemarau

"Kalau bisa tidak melaut dulu bahaya, tapi kalau memang harus melaut  harus cari infomasi dan siapkan peralatan keselamatan," ujarnya.

Menurutnya saat cuaca ekstrem seperti sekarang ini sangat berbahaya kalau melaut, terlebih di perairan selat karimata.

Baca juga: Kalimantan Selatan Usulkan Perpanjangan TMC

Selain itu, lanjut Mikron ketinggian gelombang masih berpotensi untuk meningkat seiring adanya awan hitam atau awan comulonimbus. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat