visitaaponce.com

Desa Wisata Kuin Utara Raih Penghargaan ADWI 2023

Desa Wisata Kuin Utara Raih Penghargaan ADWI 2023
Masjid Sultan Suriansyah di Desa Kuin Utara, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.(MI/DENNY SUSANTO)

DESA Wisata Kuin Utara di Kota Banjarmasin berhasil meraih penghargaan 75 desa terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Makam dan Mesjid Sultan Suriansyah menjadi salah satu unggulan Desa Wisata Kuin Utara.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada Jumat (4/8)berkunjung dan melihat secara langsung berbagai potensi yang ada di tersebut. "Ada dua potensi utama di Desa Wisata Kuin Utara, yakni makam dan Masjid Sultan Suriansyah," kata Sandiaga.

Dua destinasi wisata religi ini jika kelola dengan baik akan menjadi destinasi wisata unggulan dan dapat membuka banyak peluang usaha dan menyerap tenaga kerja. Sultan Suriansyah merupakan raja muslim pertama di Kerajaan Banjar yang memerintah antara 1500-1540.

Baca juga: Desa Reforma Agraria di Kabupaten Bogor Masuk 75 Desa Wisata Terbaik

Di bawah kepemimpinannya, agama Islam tersebar ke berbagai daerah di Kalimantan. Masjid Sultan Suriansyah yang dibangunnya itu juga menjadi masjid tertua di Banjarmasin bahkan Kalimantan Selatan.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina yang ikut mendampingi Menparekraf mengatakan dengan keberhasilan Desa Wisata Kuin Utara masuk 75 besar ADWI 2023, menambah daftar desa wisata terbaik di Kota Banjarmasin.

Pada ADWI 2022 lalu, Desa Wisata Kubah Basirih berhasil masuk 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia. Selama ini baik Desa Wisata Kuin Utara dan Kubah Basirih merupakan destinasi wisata religi yang banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah.

Baca juga: Kearifan Lokal di Desa Wisata Menjadi Daya Pikat Bagi Pelancong

Penghargaan ADWI ini diharapkan dapat menjadi daya bangkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi potensi desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

Potensi lain yang ada di Desa Wisata Kuin Utara adalah wisata susur Sungai Kuin. Di sepanjang Sungai Kuin atau Antasan Kuin wisatawan dapat melihat aktivitas keseharian masyarakat sekitar sungai. Adapula ragam seni budaya dan kuliner yang cukup terkenal yaitu Soto Kuin. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat