visitaaponce.com

Diguncang 48 Kali Gempa, 313 Warga Lembantongoa dan Kamarora B Mengungsi

Diguncang 48 Kali Gempa, 313 Warga Lembantongoa dan Kamarora B Mengungsi
Ilustrasi gempa bumi(Dok. MI)

RATUSAN kepala keluarga yang terdampak gempa bumi 5,3 magnitudo di Desa Lembantongoa dan Desa Kamarora B, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, masih mengungsi, Senin (7/8). 

Mereka terpaksa membangun tenda darurat di tempat aman karena trauma dengan gempabumi susulan yang terus terjadi. 

Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DKIPS) merilis hingga kini Sigi masih diguncang gempabumi susulan. 

Baca juga : Gempa 5,4 SR Guncang Tiongkok, Puluhan Orang Terluka dan Sejumlah Bangunan Runtuh

Berdasarkan data yang masuk di DKIPS hingga pukul 12.00 WITA, khusus di Lembantongoa dan Kamarora B sudah diguncang gempa bumi sebanyak 48 kali. 

"Meski dengan magnitudo kecil, namun berulang sampai 48 kali membuat warga trauma juga," kata Kepala DKIPS Sulteng, Sudaryano Lamangkona di Palu.  

Baca juga : Bangkalan Diguncang Gempa M 5,5, Tidak Berpotensi Tsunami

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Akris Fattah menjelaskan, saat ini ada 313 kepala keluarga dari 1.200 jiwa yang terdampak gempa bumi di Lembantongoa dan Kamarora B mengungsi.  

"Dengan rincian 143 KK mengungsi di Lembantongoa dan 170 KK mengungsi di Kamarora B," ungkapnya, terpisah.  

Menurut Akris, akibat gempabumi berkekuatan 5,3 magnitudo yang disusul 48 kali gempa bumi lanjutan dengan magnitudo kecil mengakibatkan 10 rumah warga di Lembangtongoa rusak ringan dan rusak sedang.  

"Dan tiga rumah lainnya di Lembantongoa rusak berat sehingga tidak bisa dihuni lagi," tegasnya.  

Sedangkan di Kamarora B, lanjut Akris, terdapat 63 rumah terdampak. Kondisinya, mulai dari rusak ringan, sedang, hingga rusak berat. "Untuk rusak berat ada dua rumah yang tidak bisa lagi ditinggali," papanya.  

Akris memastikan tidak ada korban luka atau pun korban jiwa dalam peristiwa ini. Pun demikian, warga di Lembantongoa dan Kamarora B masih trauma sehingga mereka masih memilih mengungsi di tempat aman.  

"Saat ini BPBD bersama pihak terkait sudah berada di lokasi untuk melakukan penanggulangan terhadap seluruh pengungsi," tandasnya.  

Gempa bumi yang melanda Lembantongoa dan Kamarora B terjadi sekira pukul 10.45 WITA dengan kekuatan guncangan terbesar 5,3 magnitudo.  

Setelah guncangan tersebut, gempa bumi susulan terus terjadi hingga siang ini berjumlah 48 kali. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat