visitaaponce.com

Gubernur STIN Beri Kuliah Umum untuk Soedirman Muda di Unsoed

Gubernur STIN Beri Kuliah Umum untuk Soedirman Muda di Unsoed
Kuliah umum di Sidang Terbuka Senat Penerimaan dan Pembekalan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023-2024 Universitas Jenderal Soedirman.(DOK IST)

GUBERNUR Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) Mayjen TNI Djoko Andoko memberi kuliah umum di Sidang Terbuka Senat Penerimaan dan Pembekalan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023-2024 Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto, Jawa Tengah, Senin (7/8).

Tema yang diambil oleh Djoko ialah Ekstensi Soedirman muda di era society 5.0 dalam menyongsong Indonesia Emas.

Acara yang diselenggarakan di Auditorium Graha Prof Rubijanto Misman Unsoed itu dihadiri oleh jajaran senat akademik serta 7.261 mahasiswa baru. Dalam kesempatan itu, Djoko menganalogikan mahasiswa sebagai 'Soedirman Muda' yang berperan penting pada generasi saat ini.

Baca juga: Media Sosial Wadah Generasi Muda Membangun Kesadaran Kritis

'Soedirman Muda' diharapkan mampu menjawab tantangan zaman dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di tengah era society 5.0 dalam mewujudkan visi Presiden Joko Widodo mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Dia menyampaikan bahwa dengan mengetahui tantangan dan kekuatan yang telah dimiliki Generasi Z, serta merumuskan strategi pengembangan Iptek dan peningkatan kualitas mahasiswa, maka 'Soedirman Muda' akan mampu berdaya saing dalam era Society 5.0 dan mampu menghadapi semua tantangan di dunia kerja di masa depan.

"Saya harapkan 'Soedirman Muda' mampu memiliki karakter yang berjiwa besar, rela berkorban, pantang menyerah, berpendirian teguh, memiliki keberanian tinggi dan moral serta perilaku yang baik untuk menyambut Indonesia Emas 2045," kata Djoko.

Baca juga: KKN 2 PT di DIY Tangani Tengkes di Jawa Tengah

Djoko juga menyampaikan pesan Presiden yang mengharapkan generasi muda saat ini harus siap menghadapi tantangan yang terus berubah dan berkembang.

Menurutnya, tidak dapat dipungkiri bahwa mahasiswa selalu memiliki peran yang krusial dan strategis dalam perubahan dan perkembangan Indonesia.

Maka dalam hal ini, 'Soedirman Muda' harus memiliki karakter Jenderal Soedirman yang selalu terdepan memimpin perang pada zamannya dengan gagah berani dan tanpa kenal rasa takut, memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, profesional dan tangguh menghadapi segala tantangan untuk mewujudkan Indonesia Emas pada 2045. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat