visitaaponce.com

Elpiji 3 Kilogram di Kalsel Rp30 Ribu per Tabung

 Elpiji 3 Kilogram di Kalsel Rp30 Ribu per Tabung
Elpiji 3 kg.(MI/Rendy Ferdiansyah.)

MASYARAKAT di Kalimantan Selatan mengeluhkan kembali langka dan mahalnya harga elpiji 3 kilogram di pasaran yang mencapai Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per tabung sejak beberapa waktu terakhir. Pantauan Media Indonesia, harga di atas harga eceran tertinggi (HET) Rp18.500 per tabung itu tersebar di sejumlah wilayah Kalsel seperti Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar.

"Banyak warga yang terpaksa membeli elpiji di pedagang eceran dengan harga jauh lebih mahal, karena terbatas di agen atau distributor," tutur Sanusi, warga Sidodadi, Kota Banjarbaru, yang terpaksa membeli elpiji 3 kg seharga Rp30 ribu untuk keperluan rumah tangganya. Kondisi yang sama juga dialami warga di kabupaten lain di Kalsel.

Baca juga: Padang Kirim 71 Kg Sarang Burung Walet ke Medan

Ketua Hiswanamigas Kalsel, Muliana Yuniar, Kamis (10/8/2023), mengatakan sejatinya stok dan pasokan elpiji 3 kilogram di Kalsel normal dan lancar. "Sebenarnya tidak ada kendala. Jadi masyarakat jangan resah dan jangan khawatir," ujarnya.

Muliana menambahkan data fix mengenai stok dan pasokan gas ada di Pertamina. Pihak Pertamina sendiri beberapa waktu lalu menyatakan persoalan sulit dan mahalnya harga elpijij 3 kilogram disebabkan banyak dikonsumsi kelompok warga yang tidak berhak.

Baca juga: Sawah Mengering, Petani di Batujajar Bandung Barat Merugi

Dinas ESDM Kalsel mencatat konsumsi elpiji 3 kilogram di Kalsel per tahun sebesar 90 ribu ton lebih. Jumlah ini diyakini sudah jauh melampaui jumlah kebutuhan bagi warga kurang mampu sebenarnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat