visitaaponce.com

Padang Kirim 71 Kg Sarang Burung Walet ke Medan

Padang Kirim 71 Kg Sarang Burung Walet ke Medan
Sarang burung walet.(Antara/Syifa Yulinnas.)

KARANTINA Pertanian Padang, Sumatra Barat, melalui Wilayah Kerja Bandara Internasional Minangkabau melakukan pemeriksaan terhadap sarang burung walet sebanyak 1 boks seberat 71 kg. Sarang burung walet tersebut akan dikirim dari Padang ke Medan

Namun sebelum dikirim dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu agar mendapat sertifikat sanitasi produk hewan. "Komoditas tersebut dinyatakan dalam kondisi baik sesuai dengan persyaratan tetapi belum melalui proses pencucian," kata Kepala Karantina Pertanian Padang Iswan Haryanto, Kamis (10/8).

Baca juga: Sawah Mengering, Petani di Batujajar Bandung Barat Merugi

Ia menjelaskan, pemeriksaan sarang burung walet dilakukan oleh pejabat karantina hewan. Hasil pemeriksaan bahwa media pembawa dengan kondisi fisik baik dan jumlah yang sesuai dengan permohonan. 

Dengan demikian dapat dilakukan sertifikasi dengan menerbitkan sertifikat karantina berupa Sertifikat Sanitasi Produk Hewan (KH-12). "Sarang burung walet dinyatakan dalam keadaan kondisi baik dan memenuhi persyaratan karantina yang ditetapkan, sehingga bisa diterbitkan sertifikat," ucapnya. 

Baca juga: Kekeringan di Jawa Tengah Meluas, 4,6 Juta Liter Bantuan Air Bersih Telah Disalurkan

Untuk diketahui, sarang burung walet dibuat dari air liur burung walet tanpa ada campuran dari bahan dari luar tubuhnya. Burung walet membuat sarang di langit-langit gua atau plafon gedung dengan tujuan menghindari predator. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat