visitaaponce.com

BPK NTT Dorong Transformasi Pangan Berbasis Budaya

BPK NTT Dorong Transformasi Pangan Berbasis Budaya  
BALAI Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XVI NTT Kemendikbud Ristek mendorong transformasi pangan berbasis budaya(MI/Marianus Marselus )

BALAI Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XVI Nusa Tenggara Timur (NTT), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI mendorong transformasi pangan berbasis budaya, berkeadilan dan berkelanjutan di wilayah NTT. 

Sistem pangan berbasis budaya, berkeadilan dan berkelanjutan ini menjadi fokus utama dalam semiloka yang berlangsung di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), berlangsung tanggal 13 sampai 15 Agustus 2023 di Hotel Laprima, Labuan Bajo. 

Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XVI NTT Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi I Made Dharma Suteja, menyampaikan bahwa semiloka ini juga sebagai salah satu upaya dalam menggali potensi kuliner tradisional di NTT, khususnya di Manggarai Raya.

Baca juga : Stunting di Timor Tengah Selatan masih Dapat Turun

"Kuliner tradisional di setiap kabupaten dan kota dalam wilayah NTT perlu digali dan dihidupkan lagi agar bisa menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia," kata Made Suteja di Hotel Laprima Labuan Bajo, Senin (14/8).

Lebih lanjut Made Suteja menjelaskan selain kuliner seperti sei, ada sejumlah WBTB Indonesia yang berasal dari NTT yang berkaitan dengan budaya, alat musik tradisional, tarian khas, dan beberapa lainnya.

"NTT memiliki ciri pangan yang khas, antara lain jagung, umbi-umbian serta pangan yang memiliki kaitan budaya yang sering disajikan dalam upacara-upacara adat atau sehari-hari," ungkap Suteja.

Dia mengakui beberapa warisan budaya tak benda Indonesia asal NTT belum banyak diketahui oleh masyarakat sehingga sosialisasi dalam bentuk semiloka merupakan salah satu langkah awal yang dilakukan. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat