visitaaponce.com

Pemprov Bangka Belitung Ajak Seluruh Pihak Hijaukan Lubang Bekas Tambang

Pemprov Bangka Belitung Ajak Seluruh Pihak Hijaukan Lubang Bekas Tambang
Lubang bekas tambang di Kepulauan Bangka Belitung(MI/Irfan)

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama dengan kepolisian daerah setempat mengadakan kegiatan penanaman 1.000 bibit pohon kayu putih di lahan bekas tambang timah. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia.

"Gerakan penanaman pohon ini untuk meminimalkan kerusakan lingkungan yang semakin banyak,"  kata Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu di Pangkalpinang, Rabu (23/8).

Pemprov, sambungnya, juga menggandeng perusahaan dan pemangku kepentingan terkait untuk menghijaukan kembali lahan bekas tambang timah.

Baca juga: Lestarikan Lahan Bekas Tambang, Polda Babel Tanam 10 Ribu Pohon

"Kemarin kita bekerja sama dengan PT Timah dan perusahaan lainnya menanam sagu di lahan bekas penambangan timah," tuturnya.

Berdasarkan data Pemprov, luas lahan kritis dan sangat kritis di Kepulauan Bangka Belitung mencapai 176.144 hektare. Itu tersebar di Pangkalpinang, Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung, dan Belitung Timur.

Baca juga: Buniin Jaya, Desa Dikelilingi Tambang yang Tak Berjaya

Suganda pun mengajak masyarakat untuk turut serta secara mandiri menanam pohon dan menjaga lingkungan di sekitar mereka.

"Kalau masyarakat menanam satu hingga dua pohon saja, tentu itu sudah berkontribusi menghijaukan kembali lahan-lahan kritis di daerah ini," tandasnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat