visitaaponce.com

Polisi Asal Palue Hibahkan Tanah, Kapolri Janji Buatkan Kantor Polsek

Polisi Asal Palue Hibahkan Tanah, Kapolri Janji Buatkan Kantor Polsek
Kunjungan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Palue di Kabupaten Sikka, NTT.(MI/Ignas Kunda)

DEMI melayani masyarakat Palue dalam kamtibmas, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo akan segera membangun kantor Polsek Palue pada sesi kunjungannya di Pulau Palue, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kebutuhan  akan pelayanan kepolisian selama ini juga menjadi kerinduan dan kebutuhan masyarakat kecamatan Palue yang terdiri dari 8 desa dengan jumlah penduduk 10.041 jiwa. Selama ini Palue menjadi bagian Polsek Nele, Polres Sikka.

"Tahun depan siap dibangun polsek yang penting tanahnya sudah dihibahkan ke Polri, " kata Kapolri kepada kapospol Palue Aipda Wilfridus Bhaga.

Baca juga : Kunjungi Pulau Palue, Kapolri Berikan Bantuan Sumur Bor dan Pemeriksaan Kesehatan

Menurut Kepala Polisi Subsektor Palue Aipda Wilfridus Bhaga, Palue merupakan satu Pulau dengan satu kecamatan memiliki wilayah yang begitu luas. Hal itu menjadi kendala bagi anggota polisi untuk bisa pergi ke desa-desa dengan jangkauan yang jauh dan medan cukup sulit, apalagi hanya 2 anggota untuk satu Pulau.

"Kita kendala kalau ada TKP di desa-desa yang jauh di dekat gunung seperti desa Nitunglea dan Lidi makanya perlu ada polsek sehingga ada penambahan anggota, " kata Wilfridus yang juga anak asli Palue.

Baca juga : Kapolri Teken MoU Kerja Sama Kejahatan Lintas Negara dengan 6 Negara

Wilfridus menerangkan untuk pembangunan Polsek sudah ada tanah yang dihibahkan oleh keluarganya di Desa Reruwairere, seluas 865,2 meter persegi. Tanah itu dihibahkan ke Polri dari keluarga.

"Ini tanah warisan dari orang tua dan saya sebagai polisi demi kemajuan daerah tanah kelahiran saya sendiri berdasarkan  kesepakatan tujuh orang bersaudara sudah menyetujui bahwa tanah ini dihibahkan ke Polri untuk membangun kantor polsek yang selama ini sama sekali tidak ada apalagi kondisi pos polisi sangat tidak nyaman untuk ditemoati bagi para petugas polisi yang selama ini mau bertugas di Palue, " kata Wilfridus.

Selain itu menurut Wilfridus, sebelumnya ada tim survei dari Polda NTT untuk membangun kantor polisi sehingga ia berinisiatif untuk memberikan  lahan keluarganya yang selama ini tidak dimanfaatkan  untuk pembangunan kantor sebagai fasilitas negara demi pelayanan kepada masyarakat di Palue.

"Waktu ada tim survei dari Polda cari tanah saya spontanitas berikan lahan ini karena di Palue sangat kesulitan lahan untuk membangun fasilitas umum, " pungkas polisi yang tahun depan akan mengikuti sekolah perwira sesuai janji Kapolri Listyo Sigit Prabowo ketika meninjau pembangunan pos polisi di Pulau Palue.

Kapolri Jendral Polisi, Listyo Sigit Prabowo mengunjungi Pulau Palue, Kabupaten Sikka, NTT dalam rangka bakti kesehatan dan bakti sosial berupa pemberian  sumur bor untuk air bersih buat masyarakat. Bakti ini sebagai jawaban terhadap keluhan masyarakat Palue yang selama ini sejak Indonesia merdeka masih mengalami kesulitan air bersih, kurangnya pelayanan kesehatan serta sumber listrik yang kurang memadai. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat