visitaaponce.com

Kunjungi Pulau Palue, Kapolri Berikan Bantuan Sumur Bor dan Pemeriksaan Kesehatan

Kunjungi Pulau Palue, Kapolri Berikan Bantuan Sumur Bor dan Pemeriksaan Kesehatan
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengunjungi Pulau Palue(MI/Ignas Kunda)

KAPOLRI Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo mengunjungi Pulau Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur dalam rangka bakti kesehatan dan bakti sosial berupa pemberian sumur bor untuk air bersih buat masyarakat. 

Bakti ini sebagai jawaban terhadap keluhan masyarakat Palue yang selama ini sejak Indonesia merdeka masih mengalami kesulitan air bersih, kurangnya pelayanan kesehatan, serta sumber listrik yang kurang memadai. 

Kapolri disambut ribuan warga Palue di area kantor camat Palue. Kapolri langsung diberi berkat serta pengalungan secara adat oleh tokoh masyarakat Pulau Palue serta langsung diarak dengan tari-tarian. 

Baca juga : Perhelatan AMMTC, UMKM Raup Untung Hingga Jutaan Rupiah 

Kapolri langsung meninjau pelayanan kesehatan Polri yang diserbu oleh ribuan warga yang terdiri dari ibu-ibu hingga anak. 

Vinsensius Longa, salah satu warga Palue menuturkan sangat berterima kasih kepada Kapolri yang telah memberikan pengobatan gratis kepada warga Palue yang selama ini jauh dari memadai. 

Baca juga : Kapolri Jamu Delegasi AMMTC Nikmati Sunset Labuan Bajo dari Kapal Phinisi

"Saya sangat berterima kasih kepada Kapolri karena ada pengobatan gratis. Saya punya benjolan selama 15 tahun namun tidak bisa diatasi namun dengan pelayanan kesehatan hari ini benjolan saya akhirnya bisa dioperasi (bedah) dan saya sangat senang serta berterima kasih atas bantuan Kapolri ini," tutur Valens. 

Dalam pelayanan kesehatan, pihak Polri memberikan pemeriksaan mata, penyakit dalam, serta langsung memberikan operasi gratis serta kaca mata gratis buat ribuan warga palue. 

Tidak hanya itu ribuan warga Palue juga mendapatkan bantuan sembako gratis dari Kapolri. 

Menurut Kapusdokkes Polri Irjen Pol Asep Hendradiana kepada sejumlah jurnalis, bakti sosial kesehatan ini dilakukan selama 3 hari di Pulau Palue.

"Hari ini targetnya 4500 orang, dengan pelayanan dari dokter umum, spesialis  terutama untuk penyakit dalam, bedah, anak, kulit juga mata, juga sedikit mengenai stunting," kata Asep. 

Setelah meninjau pelayanan kesehatan buat ribuan warga Palue, Kapolri juga sempat meninjai sumur bor bantuan Polri buat warga serta membubuhkan tanda tangan pada baru nisan atau prasasti pada sumur bor yang digali buat warga. 

"Kalau airnya tidak keluar jangan dipasang ya batu nisan ini," kata Kapolri  dihadapan warga dan para pekerja ketika hendak membubuhkan tanda tangan. 

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen pol Sandi Nugroho mengatakan bakti Kapolri ini sebagai upaya menjawabi kesulitan warga soal air dan sudah menurunkan tim untuk survei pada 8 desa di Pulau Palue dan akan ada tim yang mengkaji soal pemanfaatan air laut menjadi air tawar serta tim kajian untuk masalah listrik. 

"Selain bakti kesehatan, Kapolri hari ini juga meninjau salah satu sumur yang disumbangkan buat masyarakat Palue, karena informasi dari tokoh masyarakat, camat dan tokoh agama bahwa masalah di sini adalah air. Bapak Kapolri sudah menurunkan tim untuk survey dari 8 desa itu paling tidak ada 2 sumber mata air salah satunya kedalaman 40 meter. Bapak Kapolri berharap semoga bisa keluar airnya dan bermanfaat buat masyarakat. Dari hasil survei Ada 2 titik yang memungkinkan ada air tawar yang mungkinkan akan digali. Namun karena di sini daerah laut maka mungkin akan memanfaatkan air laut menjadi air tawar. Selain itu terkait masalah listrik nanti ada tim yang akan mengkaji lebih jauh tentang ini," ungkapnya. 

Sebelumnya warga Palue sempat mengeluhkan ketiadaan dokter atau tenaga medis membuat mereka kesulitan mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang memadai. 

Selain itu, minimnya sumber air sehingga warga hanya berharap pada air hujan yang ditampung pada bak penampung ketika musim hujan. Namun ketika musim kemarau dan stok air hujan telah habis, 2 sumur air tawar di dekat pantai menjadi satu-satunya sumber air utama buat warga serta penyulingan uap panas bumi dari gunung berapi Rokatenda yang menghasilkan air minum bersih di kampung Cawalo, Desa Rokirole dan kampung Poa Nua Kaju desa Kesokoja.

Bagi warga Palue, Sebastianus Toni yang hadir dalam kunjungan Kapolri itu mengungkapkan bantuan Kapolri kali ini merupakan patut diapresisasi karena menjawab kebutuhan warga sehingga membuat ia dan semua masyarakat sangat berterima kasih dan bersyukur atas perhatian ini. 

Ia mengatakan sangat berterima kasih atas bantuan Kapolri untuk bantuan  sumur bor yang diterima warga Palue karena memang selama ini masyarakat sangat kekurangan air. 

Namun ia memberikan  saran untuk bantuan Kapolri ini agar benar memberikan dampak signifikan buat warga, sebaiknya untuk penggalian  sumur bor ini bisa dialihkan juga berupa lebih mendekatkan air buat warga yang tinggal di pegunungan karena itu yang dirasakan warga selama ini. 

Sebas mengungkapkan bila berkenan perlu dimaksimalkan dengan bantuan pompa isap pada 2 sumur air tawar yang selama ini dimanfaatkan oleh warga namun belum diperhatikan secara baik karena belum memiliki pompa isap dan belum diperdalam secara maksimal. 

Menurut Sebas, selama ini ada 2 sumur yang telah digali warga dan menghasilkan air tawar dengan kedalaman 14 meter dan 12 meter di Desa Maluriwu yang juga dipakai warga desa lain di pulau Palue untuk kebutuhan air minum. Maka kalau bisa dimaksimalkan sumur yang ada ditambah bak penampung serta mesin atau pompa penyedot dekat lokasi sumur tersebut, serta disalurkan secara estafet ke bak penampung dekat desa. 

" Dua sumur ini sudah paten dan masih jauh dari pemukiman warga maka perlu kalau boleh dibantu dengan pompa isap untuk lebih dekat ke kampung serta mobil tangki ukuran 1100 liter untuk diangkut ke kampung-kampung sehingga lebih hemat biaya untuk mendekatkan air ke warga karena itu yang selama ini menjadi kebutuhan penting di sini, dibandingkan harus menggali sumur baru dengan biaya yang lebih besar. Karena bisa lihat topografi Palue banyak orang yang dari gunung turun dekat pantai untuk ambil air dari sumur ini," Pungkas Sebas. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat