visitaaponce.com

Berikan Akses Air Bersih di Lampung Tiimur, Relawan Ini Bangun Sumur Bor

Berikan Akses Air Bersih di Lampung Tiimur, Relawan Ini Bangun Sumur Bor
Warga memandaatkan sumur bor untuk mengambil air bersih(Dok. Mak Ganjar)

SUMUR Bor yang dibangun relawan Mak Ganjar membawa dampak bagi warga Dusun Sinar Menanga, Desa Gunung Agung, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, Lampung.

Koordinator Wilayah (Korwil) Mak Ganjar Lampung Noor Nadhia mengatakan ada ratusan keluarga yang merasakan manfaat air bersih yang keluar dari sumur bor yang dibangun pihaknya. Dengan adanya sumur itu, mereka tidak perlu lagi mengambil air dari sungai yang tak layak konsumsi.

"Sebelum ada sumur bor ini, saat musim kemarau, mereka mengambil air dari sungai terdekat yang jelas-jelas airnya tidak layak konsumsi," ungkapnya.

Baca juga : SDG Salurkan Bantuan Air Bersih Untuk Ribuan Warga Kabupaten Serang 

Nadhia berharap ratusan warga penerima manfaat air bersih yang dihasilkan sumur bor itu dapat dimaksimalkan untuk kebutuhan sehari-hari seperti minum, mencuci, mandi, dan lain-lain.

"Harapan kami, warga di sini bisa menggunakan air bersih yang lebih layak dan sehat. Kemudian ini menjadi kebaikan kita semua," ungkapnya di sela-sela peresmian sumur bor.

Baca juga : Kiai Muda Jatim Inisiasi Perbaikan Jalan Desa di Tuban

Suseno, tokoh masyarakat dan pemuda setempat mengungkapkan, ada sekitar 250 KK atau 400-an jiwa mendapatkan air bersih dari sumur bor ini.

Mereka sangat bersyukur karena permasalahan air bersih di desa ini dapat teratasi.

"Sangat membantu sekali. Terima kasih sekali untuk relawan yang membantu mewujudkan air bersih di desa ini. Kalau bisa direalisasikan di dusun lain. Karena air bersih sangat dibutuhkan," ucapnya.

Suseno berharap sumur bor ini juga bisa dimanfaatkan warga dusun lain di Desa Gunung Agung.

"Harapannya, sumur bor bisa membantu masyarakat seluruh dusun di Desa Gunung Agung. Artinya, masyarakat tidak kesusahan air bersih dan bisa hidup sehat," ujarnya.

Anita Rina yang juga warga setempat sangat bersyukur atas fasilitas air bersih yang disediakan relawan.

"Airnya banyak, masyarakat tidak susah dapat air bersih lagi. Sebelumnya, keluarga saya mau bikin sumur bor, tapi dananya tidak ada. Ada relawan bikin sumur bor sehingga memudahkan warga mendapatkan air bersih," katanya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat