visitaaponce.com

Desa Wisata Sidowarno Klaten Raih Juara IV Kategori Suvenir ADWI 2023

Desa Wisata Sidowarno Klaten Raih Juara IV Kategori Suvenir ADWI 2023
Perajin wayang kulit, Ahmadi memperlihatkan beberapa wayang yang diproduksi di sanggar miliknya, di Kelurahan Sidowarno.(ANTARA/JESSICA WUYSANG)

DESA Wisata Sidowarno, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, meraih juara empat kategori suvenir dalam penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) 2023.

Piala penghargaan diserahkan oleh Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenparekraf, Nur Asia Uno, kepada Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sidowarno, Suraji, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (27/8) malam.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, Sri Nugroho, menjelaskan Desa Wisata Sidowarno memiliki daya tarik dengan ciri khas utama berupa tatah dan sanggit wayang dari kulit sapi atau kerbau.

Baca juga: Menparekraf Targetkan 6.000 Desa Wisata Terdaftar pada 2024

"Sebagian besar masyarakat Desa Sidowarno merupakan perajin tatah wayang dari kulit sapi atau kerbau. Usaha kerajinan di desa ini pun telah memiliki SK (Surat Keputusan) Bupati Klaten pada 2021," imbuhnya dalam keterangan pers di Klaten, Senin (28/8).

Desa wisata di Kabupaten Klaten, lanjut Sri Nugroho, diharapkan ke depan semakin berkembang guna mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan potensi lokal yang dimiliki. Pun, bisa meningkatkan kunjungan wisatawan di Klaten.

Baca juga: Bangun Desa Wisata dengan Perencanaan yang Matang

Mengutip sambutan Menparekraf, Sandiaga Uno, Kepala Disbudporapar menyebutkan 4.573 desa wisata yang terdaftar dari target 4.000 desa pada 2023. Sedangkan pada 2024 ditargetkan 6.000 desa wisata terdaftar.

"Gelar penghargaan ADWI Kemenparekraf 2023, diharapkan menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa. Selain itu, sebagai wahana promosi potensi desa wisata kepada wisatawan domestik maupun mancanegara," pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat