visitaaponce.com

Tiga Kecamatan Alami Kekeringan, Sawah di Bombana Gagal Panen

Tiga Kecamatan Alami Kekeringan, Sawah di Bombana Gagal Panen
Foto udara puncak Bukit Punggung Kuda di Desa Wumbubangka, Kecamatan Rarowatu Utara, Bombana, Sulawesi Tenggara, Jumat (17/2/2023).(Antara/Jojon.)

PEMERINTAH Kabupaten Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah menetapkan tiga kecamatan yang ada wilayah masuk kategori waspada kekeringan. Akibat dari kekeringan tersebut beberapa area persawahan mengalami gagal panen.

"Jadi kekeringan ini terjadi di Kecamatan Rarowatu Utara, Poleang utara, Poleang Timur. Dari hasil pendeteksian titik hotspot pada tiga kecamatan ini masuk waspada kekeringan, walaupun beberapa hari terakhir ada hujan dan titik hotspot menurun. Namun setelah tiga hari, kembali panas hingga saat ini, sehingga titik hotspot meningkat," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bombana, Hasdin Ratta.

Baca juga: Tidak Ikuti Upacara HUT RI ke-78, Dua Camat dan 34 Lurah di Kendari Dinonaktifkan

Hasdin mengimbau kepada seseluruh masyarakat yang melakukan persawahan ladang untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan, karena itu dapat menyebabkan potensi kebakaran. Selain itu, Pemda Bombana segera melakukan langkah cepat untuk membantu para petani yang kekeringan di lapangan. 

"Untuk pemerintah daerah akan menyediakan sumur bor sesuai dengan permintaan para kepala desa untuk meminimalisasi kekeringan," tukasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat