visitaaponce.com

Kapolri Ingin Ada Evaluasi Penanganan Karhutla

Kapolri Ingin Ada Evaluasi Penanganan Karhutla
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.(AFP/YASUYOSHI CHIBA)

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyoroti masalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Listyo ingin agar masalah itu betul-betul dikaji.

“Saya kira memang dari tahun ke tahun kita harus terus melakukan evaluasi karhutla,” kata Listyo dalam keterangannya pada Minggu (3/9).

Listyo mengatakan karhutla menjadi momok dari tahun ke tahun. Evaluasi itu diperlukan agar Indonesia lebih sigap mengantisipasi karhutla saat El Nino melanda.

Baca juga: Darurat Judi Online, Kapolri: Begitu Ada Info Kita Pukul

"(Karhutla) jangan lagi menjadi momok. Bila kita evaluasi, perencanaan, dan perbaikan, kita semua selalu siap," ujar jenderal bintang empat itu.

Listyo menyebut upaya pencegahan juga harus dimasifkan. Ikhtiar itu mesti dibarengi dengan sosialisasi kepada masyarakat secara langsung maupun media sosial.

"Adapun langkah preventif yang bisa dilakukan yakni dengan mendirikan posko terpadu yang dekat dengan titik rawan karhutla," jelas dia.

Baca juga: umber Air Kian Terbatas Upaya Pemadaman Karhutla Terkendala

Selain itu, menggelar apel gelar pasukan dan peralatan penanganan karhutla. Listyo menyebut seluruh pemangku kepentingan juga mesti menggencarkan patroli baik di darat dan udara.

"Pemadaman api secara konvensional maupun water bombing juga bisa dilakukan. Manfaatkan teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk penanganan karhutla," tutur dia. (Medcom/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat