visitaaponce.com

Sungai dan Riam di Kaki Pegunungan Meratus Jadi Daya Tarik Warga saat Kemarau

Sungai dan Riam di Kaki Pegunungan Meratus Jadi Daya Tarik Warga saat Kemarau
Ekowisata Riam Batu Tinggi di kawasan Pegunungan Meratus, Kalsel.(MI)

MUSIM kemarau yang telah memicu terjadinya kekeringan di sejumlah wilayah tidak selalu berdampak buruk. Surutnya sungai dan riam di kawasan kaki Pegunungan Meratus, Kalimantan Selatan justru menjadi peluang usaha wisata baru bagi masyarakat.

Belakangan ini banyak warga meminati wisata air dengan mengunjungi sungai dan riam yang surut akibat kemarau. Baik di lokasi obyek wisata yang sudah dikelola maupun dadakan. Tujuannya tentu untuk bermain air serta menikmati suasana sejuk di sekitar aliran sungai dan riam.

"Sungai maupun aliran riam yang surut kini banyak dikunjungi warga. Kondisi kemarau membuat banyak warga mencari suasana sejuk," tutur Kasman, Pembina Pokdarwis Datu Meningkat, Dusun Mangkiling, sebuah dusun di kaki Pegunungan Meratus di wilayah Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Baca juga: Mercusuar Pulau Besar Jadi Pilihan Wisata di Babel

Pada saat musim kemarau dasar sungai yang dipenuhi bebatuan dan aliran air kecil menjadi objek wisata nan menawan. Kondisi ini tidak dapat ditemui saat musim penghujan, bahkan wisata sungai dan riam menjadi berbahaya karena kerap mengalami banjir bandang.

Senada Kepala Desa Hamak Timur Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Sarpani mengatakan objek wisata Riam Samaragi di desanya justru ramai dikunjungi warga dari berbagai daerah saat kemarau.

"Saat kemarau aliran riam menjadi kecil dan banyak.warga juga anak-anak turun untuk mandi dan bermain air," ujarnya.

Baca juga: Bukit Teletubbies Terbakar, Wisata Gunung Bromo Ditutup Total

Kawasan Pegunungan Meratus di Kalsel yang membentang di sembilan kabupaten memang dikenal banyak memiliki potensi obyek wisata alam berupa sungai, riam dan air terjun yang indah.

 

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat