visitaaponce.com

Jawa Barat tanpa Desa Tertinggal dan Sangat Tertinggal

Jawa Barat tanpa Desa Tertinggal dan Sangat Tertinggal
Foto udara Desa Sukamenak di Tasikmalaya, Jawa Barat(Antara/Adeng Bustomi)

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat terus mendorong pembangunan desa. Hasilnya, indeks desa membangun di provinsi ini terus meningkat.

"Saat ini, sudah tidak ada lagi desa tertinggal atau desa sangat tertinggal di Jawa Barat. Jumlah total desa mandiri sebanyak 1.828 Desa, 2.553 desa maju, dan 930 desa berkembang," ujar Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin, pada Sosialisasi Pelaksanaan Percontohan Desa Antikorupsi, Rabu (13/9).

Bey mengatakan inovasi dan kolaborasi menjadi hal krusial dalam pembangunan desa. Pemprov Jabar terus mendorong hadirnya pusat pertumbuhan desa secara berkelanjutan.

Baca juga : Kemarau Berlanjut, Awal Musim Hujan di Jawa Barat Mundur

"Kita juga terus meningkatkan kapasitas untuk mewujudkan ketahanan pangan, masyarakat yang sehat, produktif dan kemandirian ekonomi," tandasnya.

Dia menambahkan desa memiliki peran penting dalam pembangunan nasional. Pasalnya, desa merupakan lembaga pemerintahan yang paling dekat dengan masyarakat.

Baca juga : Garut Perpanjang Status Tanggap Darurat Kekeringan Selama 14 hari

Integritas dan transparansi pembangunan desa, tandas Bey, harus diutamakan. Dua hal tersebut menjadi modal penting pencegahan korupsi dalam pembangunan desa.

"Desa juga memiliki peran dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat," lanjutnya.

Dia berharap setiap desa di Jabar dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam memerangi korupsi. Upaya itu dilajukan dengan meningkatkan efisiensi dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat