visitaaponce.com

6.858 Unit Kendaraan Dinas di Babel Nunggak Pajak hingga Rp5 Miliar

6.858 Unit Kendaraan Dinas di Babel Nunggak Pajak hingga Rp5 Miliar
Ribuan kendaran dinas Babel nunggak pajak(Dok. Ist)

SEBANYAK 6.858 unit kendaraan dinas milik Pemerintah Kabupaten/kota di Provinsi Bangka Belitung (Babel) nunggak pajak. Nilai tunggakanya mencapai Rp5 miliar lebih.

Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi Babel, M. Haris membenarkan ada 6858 unit kendaraan dinas yang terdata menunggak pajak.

Ia merincikan 6858 kendaraan dinas tersebut, tersebar di Kabupaten Bangka sebanyak 1.104 unit, Bangka Tengah sebanyak 1.085 unit, Bangka Selatan sebanyak 1.391 unit, Bangka Barat sebanyak 840 unit, Belitung 
sebanyak 699 unit, Belitung Timur sebanyak 318 unit dan Pangkalan sebanyak 1.421 unit.

Baca juga: Gelapkan Uang Pajak Kendaraan, Pegawai Honorer Samsat Ditangkap

"Di data kita sekitar 6858 unit kendaraan dinas yang menunggak dengan total sebesar Rp5 miliar," kata Haris. Jumat (15/9).

Menurutnya Potensi pendapatan itu dihitung dari nilai pokok pajak kendaraan bermotor (PKB) dan denda PKB dengan rincian Kabupaten Bangka sebesar Rp664 juta, Bangka Tengah sebesar Rp843 juta, Bangka Selatan sebesar Rp1,308 miliar.

Baca juga: Pajak Kendaraan Bermotor Berbasis Listrik Diusulkan Jadi Nol Persen

"Bangka Barat sebesar Rp495. 041.400 juta, Belitung sebesar Rp581 juta, Belitung Timur sebesar Rp234 juta dan Pangkalpinang sebesar Rp932 juta,"ujarnya.

Ia mengaku apabila tunggakan pajak ini dibayar oleh pemerintah daerah kabupaten/ kota, maka memberikan potensi penambahan pendapataan asli daerah (PAD).

"Jelas akan menambah PAD kita, nantinya pendapatan ini akan kembali ke Kabupaten/kota juga,"ungkap dia.

Sementara Pj Gubernur Babel Suganda Pandapotan Pasaribu meminta organisasi perangkat daerah (OPD) di pemerintah provinsi maupun kabupaten kota untuk segera melunaskan tunggakan tersebut.

"Saya menghimbau kepada semua OPD yang ada di pemerintah provinsi maupun kabupaten kota yang menggunakan kendaraan dinas tunggakan pajak untuk memanfaatkan pemutihan saat ini," kata Suganda,

Suganda meminta OPD untuk memanfaatkan program pemutihan kendaraan saat ini yang sedang berlangsung diselenggarakan oleh Pemprov Babel.

Menurut dia, pelunasan itu penting sebagai tertib administrasi perpajakan dan juga menambah pendapatan asli daerah (PAD).

"Silahkan manfaatkan pemutihan yang sedang berlangsung saat ini. Karena ini sangat penting tertib administrasi perpajakan, selain itu juga menambah pendapatan asli daerah bagi Pemprov Babel dan bagi pemerintah  kabupaten kota. Terimakasih untuk partisipasi dan kerjasamanya," ucapnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat