visitaaponce.com

TPA Putri Cempo Solo Terbakar, 15 Unit Damkar Tak Sanggup Padamkan Api

TPA Putri Cempo Solo Terbakar, 15 Unit Damkar Tak Sanggup Padamkan Api
Asap hitam kebakaran TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (16/9)(Medcom.id)

TEMPAT Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo Solo, Jawa Tengah, terbakar, Sabtu (16/9) siang, setelah sempat mendapat peringatan dini oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

BPBD memang telah memberikan peringatan kepada pengelola agar sering patroli, mengingat anomali cuaca panas yang dipicu El Nino tahun ini bisa memicu kebakaran.
 
Namun, ternyata peringatan Kalak BPBD Kota Solo, Nico Agus Putranto menjadi kenyataan. Gas metana dengan udara yang sangat panas pada musim kemarau tahun ini, benar-benar memicu munculnya api yang akhirnya membakar sampah TPA Putri Cempo.

Baca juga : 3 Mobil Damkar Rusak Setelah Bolak-Balik Padamkan Kebakaran TPA Sarimukti

Api yang berkobar dengan asap hitam pekat yang membumbung itu terjadi di gunungan sampah di bagian blok B. " Ya kemungkinan saja dipicu gas metan di tengah udara yang begitu panas," tukas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo, Kristiana Hariyanti .

Sejumlah peternak sapi yang angon hewan ternaknya di gunungan sampah yang dipersiapkan untuk produksi listrik Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSA ), harus bergerak cepat mengevakuasi, kalau tidak ingin hewan peliharaannya terpanggang.

Baca juga : Begini Kronologi Kebakaran TPA Kopi Luhur di Kota Cirebon

 


Kondisi TPA Putri Cempo Solo sebelum terbakar. (Sumber : Antara)

 


Sedikitnya 15 unit mobil milik Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) sudah mendekat ke lokasi untuk upaya pemadaman. Namun belum mampu melokalisir atau memadamkan karena udara yang begitu panas di sekitar lokasi kebakaran.
 
Tim DLH bersama petugas kebakaran bahu membahu, namun belum sepenuhnya melokalisir akibat suhu yang teelalu panas. " Ya harus ekstra hati hati," imbuh dia .
 
Hingga sore hari, petugas Damkar berupaya melokalisir agar api tidak merembet kemana-mana. Kepala Damkar Solo Sutarjo menegaskan, semua armada pemadam kebakaran dikerahkan ke TPA Putri Cempo, ditambah bantuan dari Damkar dari Solo Raya.
 
"Sekitar 15 unit mobil pemadam. Dan ini didukung dari Damkar Soloraya," kata dia.BPBD Solo pun ikut melakukan penanggulangan, agar semua dapat sehera diatasi dengan cepat. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat