visitaaponce.com

Meriahkan HUT RI, Pemkab Klaten Gelar Parade Seni Karawitan 2023

Meriahkan HUT RI, Pemkab Klaten Gelar Parade Seni Karawitan 2023
Salah satu grup seni karawitan kecamatan saat tampil di depan dewan juri(MI/Djoko Sardjono)

PEMERINTAH Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menggelar parade seni karawitan di Taman Budaya Monumen Juang 45, Klaten Utara, Minggu (17/9).

Parade seni karawitan dibuka oleh Kepala Disbudporapar Klaten, Sri Mugroho, dan diikuti 26 grup karawitan mewakili kecamatan di Kabupaten Klaten. Kepala Disbudporapar Klaten mengatakan, parade seni karawitan yang pertama ini digelar dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Penyelenggaraan parade ini juga merupakan upaya pemerintah daerah untuk nguri-uri (melestarikan) dan mengembangkan potensi seni karawitan di Klaten," terangnya.

Baca juga: Profil Cak Nun, Sosok Multidimensi yang Jadi Tokoh Reformasi

Pelestarian dan pengembangan potensi seni karawitan, menurut Sri Nugroho, perlu dilakukan agar tidak terdesak atau bahkan punah di era globalisasi ini.

"Perubahan global yang melanda seluruh dunia ini berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk di bidang seni budaya," imbuhnya.

Baca juga: Sah Gamelan Indonesia jadi Warisan Dunia

Maka, untuk pelestarian dan pengembangan seni karawitan di Klaten, parade seni musik pentatonis ini diwacanakan akan diselenggarakan rutin setiap tahun.

Peserta parade karawitan Klaten, menyajikan dua gending, yakni gending Klaten Bersinar (wajib), dan satu gending lainnya bebas. Durasi wakktu maksimal 20 menit.

"Untuk penilaian peserta, kami menghadirkan juri dari ISI Surakarta (Danis Sugiyanto), ISI Yogyakarta (Suhardjono), dan SMKI Surakarta  (Puwanto)," jelasnya. (JS/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat