visitaaponce.com

Kebakaran Besar Landa TPA Jatibarang Semarang

Kebakaran Besar Landa TPA Jatibarang Semarang
Kebakaran di TPA Jatibarang, Semarang.(Istimewa)

KEBAKARAN hebat melanda tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Jatibarang, Kota Semarang Senin (18/9). Warga sekitar mulai diungsikan dan ratusan ekor ternak dievakuasi ke tempat aman serta tim gabungan masih berjibaku melakukan pemadaman.

Pemantauan Media Indonesia Senin (18/9) kebakaran hebat melanda TPA sampah Jatibarang, Kota Semarang, api mulai membakar tumpukan sampah pukul 14.09 WIB terus merambat cepat hingga telah membakar beberapa hektare sampah yang ada, kepulan asap berwarna hitam pekat terus membumbung tinggi hingga cukup mengganggu warga sekitar.

Petugas gabungan dari Pemadaman Kebakaran (Damkar) Kota Semarang, Kepolisian, TNI dan warga sekitar terus berjibaku memadamkan api yang kian membesar menggunakan beberapa unit mobil Damkar serta secara manual, polisi juga terus memperitkan warga agar menjauh dari lokasi karena cukup membahayakan.

Baca juga: TPA Gunung Sadai Belitung Terbakar belum Kunjung Padam

Ratusan ternah seperti sapi dan kambing yang biasa hidup di area TPA Jatibarang tersebut dievakuasi ke lokasi aman cukup jauh dari wilayah kebakaran, demikian juga warga sekitar dan pemulung diungsikan karena api terus menjalar semakin besar akibat tiupan angin cukup kencang.

"Sudah beberapa jam upaya pemadaman, tapi hingga kini api masih berkobar," ungkap Atmo,40, warga sekitar.

Baca juga: Polisi Kesulitan Evakuasi Benda Bersejarah Imbas Kebakaran Museum Nasional

Kepala IPTD TPA Jatibarang Wahyu Heryawan mengatakan penyebab munculnya api hingga saat ini belum diketahui, namun jumlah area kebakaran terus melebar hingga ke blok lain, petugas masih terus berupaya menjinakkan api yang masih membesar dengan mengerahkan mobil pemadam kebakaran Kota Semarang.

Api pertama kali diketahui berasal dari Blok sisi barat seluas satu hektare yang sudah tidak digunakan, ungkap vWahyu Heryawan, namun karena tiupan angin cukup kencang ke arah TPA api dengan cepat menjalar ke blok lain di TPA seluas 46 hektare tersebut.

“Ini masih dilakukan upaya pemadaman," imbuhnya.

Untuk mengantisipasi jatuhnya korban, lanjut Wahyu Heryawan, warga sekitar berada di TPA diungsikan ke tempat aman, demikian juga ternak yang hidup di TPA Jatibarang ini dievakuasi ke lokasi cukup jauh dari jangkauan api.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat