visitaaponce.com

Pemadaman Kebakaran di Gunung Lawu Gunakan Water Bombing

Pemadaman Kebakaran di Gunung Lawu Gunakan Water Bombing
Sejumlah titik api di Gunung Lawu terlihat dari Panekan, Magetan, Jawa Timur, Sabtu (30/9/2023).(Antara/Siswowidodo.)

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur melakukan water bombing untuk memadamkan kebakaran di atas Gunung Lawu, Jawa Timur.

"Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gunung Lawu di Ngawi dan Magetan sudah meluas hingga 1.100 hektare. Karenanya, pemadaman harus menggunakan water bombing," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jawa Timur (Jatim) Gatot Soebroto di Surabaya, Selasa (3/10).

Baca juga: Ratusan Hektare Sawah Sultra Gagal Panen akibat Krisis Air

Sejumlah persiapan untuk water bombing dilakukan, mulai dari survei lokasi pendaratan helikopter, lokasi pengambilan air di Telaga Sarangan, hingga menentukan titik lokasi karhutla yang menjadi target pemadaman. "Dengan demikian, pada saat heli nanti beroperasi bisa lebih efektif," katanya.

Selain itu, BPBD Jatim bakal berkoordinasi dengan BPBD Jateng untuk melakukan pemadaman bersama. Sebab luasan kebakaran mulai memasuki wilayah Karanganyar, Jateng.

Baca juga: Dana Rp224 M untuk Pilkada Sulsel 2024 sudah Disepakati

Sejak karhutla mulai melanda Gunung Lawu, tim pemadam gabungan sudah melakukan pemadaman. Salah satunya menerjunkan tim pemadam jalur darat. Namun untuk sekarang ini, tim jalur darat difokuskan untuk membuat petak ilalar atau sekat yang terbuat dari bebatuan untuk mencegah kebakaran merambat. "Agar kebakaran tidak melebar ke mana-mana nantinya," kata Gatot. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat