visitaaponce.com

Karhutla di Gunung Lawu Sulit Dipadamkan, Fokus ke Penyelamatan Sumber Air

Karhutla di Gunung Lawu Sulit Dipadamkan, Fokus ke Penyelamatan Sumber Air
Karhutla di Gunung Lawu, Jawa Tengah(Antara/Siswowidodo)

KEBAKARAN hutan dan lahan (Karhutla) di Gunung Lawu  yang sudah merembet ke wilayah Jawa Tengah, hingga Selasa (3/10) semakin meluas ke sejumlah area hutan di tiga kecamatan, wilayah Kabupaten Karanganyar.  

Pada hari ini api menjalar ke kawasan hutan Tawangmangu, setelah dua hari sebelumnya sudah menyentuh jalur pendakian Cetho dan Hargodumilah di wilayah Jenawi dan Ngargoyoso.

"Api yang pada Jumat pekan kemarin masih di kawasan Jogorogo, Ngawi, selain menjalar ke wilayah Magetan, juga sudah merambah di area hutan di Jawa Tengah yang berada di tiga kecamatan, yakni Jenawi, Ngargoyoso dan Tawangmangu," tukas salah seorang relawan Perhutani, yang tidak bersedia disebut namanya, Selasa (3/10).

Baca juga : Kawasan Gunung Geger Bentang Kembali Terbakar

Begitu sulitnya upaya pemadaman api, sehingga tim gabungan relawan yang terdiri dari Perhutani KPH Surakarta, TNI, Polri, PMI, SAR Lawu dan organisasi pencinta alam serta gabungan masyarakat hutan mulai fokus penyelamatan sumber air milik warga desa.

Fokus penyelamatan sumber air ini, karena api sudah membakar pipa air milik warga desa. Sedangkan peran pipa air sangat vital untuk menopang ketersediaan air warga.

Baca juga : Banjarmasin Terapkan Sekolah Daring Akibat Kabut Asap

Sedikitnya 325 personel relawan pemadam kebakaran hutan, selain upaya penyelamatan sumber air, juga terus berusaha memadamkan pada area yang terjangkau saja, karena kobaran api yang terus meluas dibantu hembusan angin kencang membuat upaya pemadaman makin sulit  
 
Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Karanganyar July Padmi Handayan mengatakan, hingga Selasa (3/10) kebakaran hutan Gunung Lawu sudah memberangus kumpulan pohon-pohon (vegetasi) baik tegakan pohon dan rumput alang-alang.

"Hingga Selasa (3/10) luasan lahan hutan Gunung Lawu wilayah Karanganyar yang terbakar sekitar 8 hektar. Inipun sifatnya sementara, sebab pergerakan api terus meluas dibantu tiupan angin kencang," ungkap July Padmi.

Dia paparkan, upaya pemadaman api terkendala situasi medan yang terjal dan curam dan sangat berisiko. 

Kebakaran di wilayah Jateng atau Kabupaten Karanganyar sudah merambah di wilayah RPH nglerak BKPH Lawu Utara KPH Surakarta Petak 63A3, petak 63A2 wilayah Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi dan Desa Segorogunung, Kabupaten Karanganyar.  

Progres terakhir, api menjalar di jalur pendakian Candi Cetho, mengarah ke wilayah pos babar, jalur pendakian Tambak, Desa Berjo, dan Desa Segoro Gunung, Kecamatan Ngargoyoso. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat