visitaaponce.com

Pemkot dan Kemenag Pangkalpinang akan Laksanakan Salat Istisqa

Pemkot dan Kemenag Pangkalpinang akan Laksanakan Salat Istisqa
Warga Pangkalpinang yang mengalami kekeringan mulai memanfaatkan air kolong eks penambangan pasir timah untuk mandi dan mencuci.(MI/Rendy.)

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Pangkalpinang bersama Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang akan menggelar salat istisqa. Salat tersebut akan dilaksanakan seiring musim kemarau yang berlangsung cukup lama.

Akibat kemarau panjang, masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih. Untuk itu beberapa daerah akan mengadakan salat istisqa untuk memohon kepada Allah SWT agar berkenan menurunkan hujan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Firmantasi, mengatakan, salat istisqa bakal digelar pada Selasa (10/10) di halaman Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang. Menurutnya, salat tersebut akan dilaksanakan berjemaah bersama dengan Pemkot Pangkalpinang, MUI, Forkopimda, dan lainnya.

"Rencananya salat istisqa nanti kita laksanakan di halaman kantor Kemenag Kota Pangkalpinang sekaligus santunan untuk kaum duafa," katanya, Jumat (6/10). Ia mengaku sebagian wilayah di Kota Pangkalpinang, kini memang sudah mengalami krisis air bersih akibat kemarau.

Firmantasi menilai melakukan salat istisqa memang sudah sewajarnya dilaksanakan mengingat sudah banyak masyarakat yang kekeringan sehingga kesulitan mendapatkan air. "Rasulullah SAW memang mengajarkan kita untuk melakukan salat istisqa saat musim kemarau. Intinya kita menyadari bahwa kita ialah hamba yang lemah tanpa diberikan nikmat hujan seperti ini kita akan mati. Banyak tumbuhan yang sudah mati kalau kita lihat," jelasnya.

Keutamaan lain salat istisqa, lanjut Firmantasi, ialah menjadikan seorang muslim sebagai hamba Allah yang mampu melakukan pertobatan. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat