visitaaponce.com

Kalimantan Selatan Kembali Gelar Salat Istisqa

Kalimantan Selatan Kembali Gelar Salat Istisqa
Para ulama di Kalimantan Selatan kembali menggelar salat Istisqa karena karhutla dan kekeringan masih terjadi.(Antara)

PARA ulama di Kalimantan Selatan kembali menggelar salat minta hujan (Istisqa) seiring masih terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan kekeringan akibat kemarau. Dampak karhutla telah menimbulkan kabut asap dan melonjaknya penyakit inspeksi saluran pernapasan atas (ISPA) di Kalsel.

Pelaksanaan salat istisqa, digelar Kamis (14/9), di Mesjid Raya Sabilal Muhtadin, Kota Banjarmasin. Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor hadir dalam pelaksanaan salat ini. "Cukup banyak jemaah yang hadir dan kita berharap doa atau hajat kita agar diturunkan hujan dikabulkan Allah SWT," tutur Irhamsyah Safari, Wakil Ketua Badan Pengurus Mesjid Raya
Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Pekan lalu, salat istisqa digelar di sejumlah daerah di Kalsel, salah satunya di Mesjid Raya Al Kharomah, Martapura, Kabupaten Banjar. Pantauan Media Indonesia, hujan dengan intensitas rendah turun di sejumlah wilayah Kalsel dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga: Sawah Mengering, Warga Gununghalu Bandung Barat Gelar Salat Minta Hujan

Namun hujan belum mampu mengatasi kondisi karhutla dan kekeringan di Kalsel. Sebagian daerah masih mengalami krisis air bersih, sehingga harus dibantu BPBD maupun instansi lainnya.

Kabut asap masih terus menyelimuti beberapa wilayah, akibat karhutla di Kalsel. Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel mencatat, Rabu (13/9) karhutla menghanguskan puluhan hektare hutan dan lahan di tujuh daerah meliputi Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Tanah Bumbu, Kotabaru, dan Barito Kuala.

Baca juga: Kalimantan Selatan Gelar Salat Minta Hujan

Kebakaran hebat juga melanda kawasan lahan gambut di jalan menuju Bandara Syamsudin Noor di Km 18, Kota Banjarbaru. Sedangkan di Banjarmasin terjadi kebakaran kawasan permukiman penduduk. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat