visitaaponce.com

Hutan Wanagama Terbakar, Peternak Lebah Rugi Jutaan Rupiah

Hutan Wanagama Terbakar, Peternak Lebah Rugi Jutaan Rupiah
Ilustrasi. Kawanan lebah ternak berkumpuk di tempat budi daya lebah Rantau Karya, Geragai, Tanjungjabung Timur, Jambi, Selasa (8/2/2022).(ANTARA/WAHDI SEPTIAWAN)

HUTAN Wanagama Universitas Gadjah Mada (UGM) di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terbakar pada Senin (9/10). Kebakaran itu terjadi beberapa jam dan sebelum akhirnya bisa dipadamkan. 

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul, Sumadi mengatakan api berkobar sekitar 2 jam. Ia memperkirakan api diketahui pukul 16.15 WIB dan baru bisa dipadamkan sekitar pukul 18.00 WIB. 

"Hampir dua jam api baru bisa dipadamkan tim, termasuk dengan pemadam kebakaran," kata Sumadi dihubungi, Selasa (10/10).

Baca juga: Pemkab Muba Sisir Lokasi Karhutla, Akui Kesulitan Air dan Akses

Sumadi mengatakan api yang sempat padam tanpa diduga kembali membakar dedaunan dan batang pohon yang kering. Api, kata dia, kemudian merusak usaha ternak lebah warga di Petak 14 hutan Wanagama UGM tersebut. 

Kobaran api kian membesar karena kondisi lingkungan yang sangat kering di musim kemarau. Menurut Sumadi, hal itu membuat tim kebakaran sempat kewalahan menjinakkan api. 

"Jadi setelah jam 18.00 WIB itu kebakaran lagi, baru bisa padam pukul 20.30 WIB," ujarnya. 

Baca juga: Karhutla Masih Berpotensi Terjadi di Tiga Provinsi

Sumadi mengaku belum ada hal pasti penyebab kebakaran di Hutan Wanagama UGM itu. Hal itu juga termasuk luasan terbakar hingga berapa batang pohon terbakaran. 

Hutan Wanagama terdiri dari 8 petak, yakni petak 5, 6, 7, 13, 14, 16, 17, dan 18. Di Petak 14 terdapat peternakan lebah yang terbakar itu. 

Salah seorang warga pemilik usaha peternak lebah di Hutan Wanagama UGM, Suramto, mengatakan puluhan kotak rumah lebah hangus terbakar. Ia memperkirakan kerugiannya sekitar Rp5 juta hingga Rp6 juta. 

"Di sana ada puluhan petani punya kotak lebah, ya terbakar semua," ujar Suramto. (Medcom/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat