visitaaponce.com

Ribuan Hektare Sawah di Delapan Kecamatan Kabupaten Seluma Kekeringan

Ribuan Hektare Sawah di Delapan Kecamatan Kabupaten Seluma Kekeringan
Ilustrasi.(Freepok.)

SEDIKITNYA 1.662 hektere (ha) area persawahan yang tersebar di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, mulai kekeringan sejak satu bulan terakhir. Area persawahan itu tersebar di delapan kecamatan yang mulai mengalami kekeringan sejak satu bulan terakhir.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial, di Bengkulu, mengatakan area persawahan itu mulai kekeringan akibat kurangnya curah hujan. "Laporan yang diterima dari tim di lapangan bahwa sawah yang mengalami kekeringan ini jumlah sangat banyak ada 1.662 hektare dan akan terus bertambah," katanya.

Baca juga: 4 Kecamatan di Wonosobo Kekeringan

Dari data yang dihimpun lanjut dia, delapan kecamatan tersebut ialah Sukaraja seluas 186 ha, Talo 155 ha, Ilir Talo 318 ha, Seluma Timur 30 ha, Seluma 29 ha, Talo Kecil 305 ha, dan Semidang Alas Maras 424 ha.

Saat ini, upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma  meminta petani jika membutuhkan mesin pompa air untuk melakukan penyiraman sawah. Pemkab telah menyiapkan beberapa mesin pompa air untuk dipinjampakaikan jika akan melakukan penyiraman sawah. "Ini statusnya dipinjamkan bukan diberi secara gratis," imbuhnya.

Baca juga: Atasi Kemacetan Pemkab Bandung Bangun Jembatan Khusus Kendaraan Roda Dua

Untuk itu, kata dia, telah mengingat petani untuk beberapa bulan ke depan cuaca belum dapat dipastikan akan turun hujan atau tidak. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat