visitaaponce.com

Atasi Kekeringan, BPBD Klaten dan Program CSR Dunia Usaha Telah Salurkan 510 Tangki Air Bersih

Atasi Kekeringan, BPBD Klaten dan Program CSR Dunia Usaha Telah Salurkan 510 Tangki Air Bersih
Program penyaluran air bersih BPBD Klaten untuk wilayah yang alami kekeringan(MI/Djoko Sardjono)

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah berkolaborasi dengan dunia usaha lewat program CSR, dan komunitas masyarakat sipil,  hingga saat ini telah menyalurkan air bersih untuk membantu warga 16 desa di enam wilayah kecamatan yang kekeringan total sebanyak 510 tangki atau 2.550.000 liter.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Klaten Syahruna mengungkapkan bantuan air bersih 510 tangki itu, 315 tangki droping BPBD Klaten dan 195 tangki bantuan dari program CSR (corporate social responsibility), lembaga, komunitas, dan dunia usaha.

“Bantuan air bersih 510 tangki itu disalurkan ke 16 desa kekeringan yang tersebar di Kecamatan Kemalang, meliputi 5 desa, Kecamatan Jatinom 2 desa, Kecamatan Bayat 6 desa, Kecamatan Prambanan 1 desa, Kecamatan Wedi  1 desa, dan Kecamatan Karangdowo 1 desa,” jelasnya, Rabu (11/10).

Baca juga : Harga Beras Tinggi, Pedagang Pasar Gedhe Klaten Keluhkan Pembeli Sepi

Secara detail disebutkan kekeringan di Kecamatan Kemalang melanda Desa Kendalsari, Sidorejo, Tlogowatu, Tangkil,  dan Tegalmulyo. Lima desa di kawasan lereng Gunung Merapi yang terdampak kekeringan itu mendapat droping air total 324 tangki.

Kemudian, Desa Bandungan dan Temuireng, Kecamatan Jatinom, 25 tangki; Desa Jambakan, Ngerangan, Krakitan, Wiro, Dukuh, dan Krikiran, Kecamatan Bayat, 137 tangki; Desa Sembung, Kecamatan Wedi, 2 tangki; Desa Sengon, Kecamatan Prambanan, 5 tangki; dan Desa Tumpukan, Kecamatan Karangdowo, 17 tangki.

Baca juga : 8 Pelaku Curanmor Terjaring Operasi Sikat Jaran Candi 2023

“Sementara, penyaluran bantuan air bersih 510 tangki itu dimanfaatkan oleh 4.937 keluarga yang meliputi 19.722 jiwa warga 16 desa yang dilanda kekeringan pada kemarau ini,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Klaten. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat