visitaaponce.com

Lereng Gunung Ungaran Kembali Terbakar

Lereng Gunung Ungaran Kembali Terbakar
Kebakaran Lereng Gunung Ungaran(MI/Akhmad Safuan)

KEBAKARAN kembali melanda Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, sekitar pukul 17.30 WIB, kebakaran kali ini diperkirakan terjadi di atas Candi Gedong Songo, petugas dari Badan Penanggungan Bencana Daerah (BPBD masih bergerak ke titik lokasi.

Pemantauan Media Indonesia hingga Kamis (12/10) malam, kobaran api terlihat cukup besar membakar puncak Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang sejak pukul 17.30 WIB, warga berada di sekitar Kecamatan Ambarawa, Bandungan dan Jimbaran tampak heboh menyaksikan kobaran api tersebut.

Selain kobaran api berada di puncak gunung terlihat jelas dari Alun-alun Bandung, kepulan asap tebal  juga terlihat membumbung tinggi, diperkirakan lokasi kebakaran merupakan hutan Pinus dan tidak jauh dari lokasi pendakian.

Baca juga : Kebakaran TPA Jatibarang Semarang Mereda

"Kebakaran masuk wilayah Gedong Songo, kita kasih terus lakukan pemantauan dan petugas masih perjalanan menuju ke arah lokasi kebakaran," kata Pusat Pengendali Operasi BPBD Semarang Sigit Santoso.

Hingga kini belum dapat diketahui secara pasti titik kebakaran tersebut, lanjut Sigit Santoso, sehingga petugas juga sedang melakukan pemetaan lokasi.

Baca juga : TPA Suwung Denpasar Terbakar Hebat, Puluhan Mobil Damkar Bergerak

"Kalau melihat hasil kiriman gambar ada di sekitar atas Gedong Songo, kita lagi pastikan," tambahnya.

Sementara itu kebakaran serupa juga pernah terjadi pada 11 Oktober 2019 lalu di sekitar Puncak Butak Jalur Pendakian Gunung Ungaran, tepatnya di sisi kiri dan kanan lokasi, setidaknya ada beberapa hektare hutan hangus terbakar.

Berdasarkan catatan Media Indonesia pada 8 Oktober 2018 kebakaran juga melanda Gunung Ungaran ini, titik api berada di  Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang Menghanguskan setidaknya 7,5 kawasan hutan di sana. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat