visitaaponce.com

Kekeringan di Pekalongan Meluas, Warga Berjalan Jauh Dapatkan Sumber Air

Kekeringan di Pekalongan Meluas, Warga Berjalan Jauh Dapatkan Sumber Air
Sejumlah warga di Pekalongan harus berjalan belasan kilometer untuk mendapatkan air bersih.(Antara)

HUJAN sudah turun di beberapa daerah di Jawa Tengah, namun kekeringan terjadi di Pekalongan masih terus berlanjut dan meluas, sebanyak ribuan keluarga kekurangan air bersih dan sebagian warga beberapa desa terpaksa mencari di sumber mata air di bukit hingga berjalan belasan kilometer.

"Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga di sini ke bukit itu dengan berjalan kaki cukup jauh setiap pagi," kata Caswadi, 46, warga Desa Kalipancur, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan saat ditemui sedang memikul air.

Warga harus berjalan puluhan kilometer untuk mendapatkan air di bukit, pasalnya sumber air di desa telah mengering sejak kemarau. Kepala Pelaksana Badan Penanggungan Bencana Daerah (BPBD) Pekalongan Budi Rahardjo mengatakan kekeringan terus bertambah. Pada pertengahan September ada 14 desa yang mengalami kekeringan, tapi pertengahan Oktober ini telah bertambah menjadi 27 desa tersebar di 10 kecamatan.

Baca juga: Pemerintah Ingatkan Pentingnya Mitigasi Bencana

"Sebulan lalu jumlah warga kekurangan air bersih sebanyak 15.238 jiwa (4.801 keluarga), tetapi sekarang ini bertambah menjadi 26.414 jiwa (7.605 keluarga)," ungkap Budi Rahardjo.

Guna memenuhi kebutuhan air bersih ribuan keluarga alami kekeringan itu, lanjut Budi, distribusi bantuan air bersih terus disalurkan setiap hari. Saat ini hampir satu juta liter air telah disalurkan baik oleh pemerintah daerah, TNI,  kepolisian, organisasi sosial, BUMD, maupun pihak lain.

Baca juga: Desa Terlanda Kekeringan di Pantura Timur Jawa Tengah Bertambah Lagi

Keterbatasan armada dan beberapa wilayah yang cukup berat medan, kata Budi, membuat semua permintaan bantuan air bersih dapat dipenuhi. Namun beberapa bantuan seperti sumur bor dan pompa air telah diberikan agar warga mendapatkan air tanpa menunggu bantuan langsung air bersih. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat