visitaaponce.com

Anak Muda di Lebak Banten dapat Pelatihan Tentang Peluang Usaha Berbasis Sawit

Anak Muda di Lebak Banten dapat Pelatihan Tentang Peluang Usaha Berbasis Sawit
Pembukaan acara Forus Group Discussion Palm Oil in Gen Z Era yang dilaksanakan pada 14-15 Oktober 2023 di Lebak, Banten.(dok: Aspekpir)

Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) berkolaborasi dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perusahaan Inti Rakyat (Aspekpir) Indonesia mengedukasi anak-anak muda dan pelajar di Lebak, Banten tentang sawit.

Mereka diperkenalkan beragam peluang usaha kecil, menengah dan koperasi berbasis kelapa sawit melalui kegiatan Forus Group Discussion (FGD) Palm Oil in Gen Z Era yang dilaksanakan pada  14-15 Oktober 2023.

Acara dihadiri Ketua Umum Aspekpir Indonesia Setiyono, Ketua Dewan Pengawas Aspekpir dan juga Wakil Menteri Pertanian periode 2011-2014 Rusman Heriawan, Kepala Divisi usaha kecil menengah dan koperasi (UKMK) BPDPKS Helmi Muhansyah, Kepala Dinas Pertanian Lebak Rahmat, Ketua DPD I Aspekpir Banten Muhammad Nur dan Wakil Ketua Aspekpir Agus Sutarman.

Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan pelajar dari sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) di Kabupaten Lebak, Banten serta perwakilan anak-anak petani kelapa sawit, para kelompok tani, pengurus koperasi kelapa sawit dan anggota Aspekpir Kabupaten Lebak dan Banten.

Helmi dalam sambutannya mengatakan  kegiatan FGD ini merupakan salah satu upaya BPDPKS untuk terus mempromosikan kebaikankebaikan sawit sekaligus menghadapi kampanye-kampanye negatif terhadap sawit dengan berkolaborasi bersama Aspekpir.

Melalui kegiatan ini, Generasi Z diharapkan bisa berperan dalam turut mengkampanyekan kebaikan-kebaikan sawit Indonesia, menginspirasi untuk bisa memanfaatkan kebaikan sawit dengan melakukan aksi nyata, antara lain dengan meng-upload kegiatan FGD dengan hastag sawit baik di sosial media-masing.

Menurut dia, agar masyarakat ikut serta menkampanyekan kebaikan sawit maka Kebaikan sawit tidak boleh hanya sekedar frasa/kata saja tapi juga soal rasa. "Masyarakat harus bisa merasakan kebaikan sawit," katanya.

Ketua Aspekpir Indonesia Setiyono menyambut baik kegiatan tersebut dan menilai kegiatan ini sangat penting dalam rangka mengedukasi anak-anak muda generasi z untuk mengenal lebih dekat tentang kelapa sawit dan seperti apa peluang UKMK berbasis kelapa sawit yang bisa dikembangkan.

"Setelah kegiatan ini, saya harap lahir satu produk UMKM unggulan dari Lebak, Banten yang ke depannya dapat menjadi andalan Aspekpir untuk dikembangkan lebih jauh" katanya seusai kegiatan.

Kepala Dinas Pertanian Lebak Rahmat mengapresiasi kegiatan ini guna mendorong anak muda generasi z untuk memaksimalkan penguasaan teknologi guna mendukung perkembangan kelapa sawit di Indonesia yang berkelanjutan.

Pada kegiatan tersebut, peserta dibekali dengan materi-materi pokok tentang peran strategis BPDPKS, kelembagaan kelapa sawit, teknik budidaya kelapa sawit, mengenal produk kecantikan berbasis kelapa sawit hingga pemanfaatan sosial media dan teknik branding produk berbasis kelapa sawit. (RO/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat