visitaaponce.com

Kebakaran TPA Cikolotok Meluas hingga 3 Hektare

Kebakaran TPA Cikolotok Meluas hingga 3 Hektare
Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Purwakarta mengaku kesulitan memadamkan kebakaran di TPA Cikolotok.(MI/Reza)

DINAS Pemadam Kebakaran Kabupaten Purwakarta masih kesulitan memadamkan api dari kebakaran tempat pembuangan akhir (TPA) Cikolotok, Purwakarta, Jawa Barat. Sementara areal yang terbakar terus meluas hingga sudah mencapai 3 hektare.

Angin kecang dan cuaca panas membuat api sulit dipadamkan. Api bahkan terus merembet membakar semak semak dan nyaris membakar kandang ayam milik warga di sekitar TPA.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta, Deden Guntari, mengaku minimnya sumber air membuat proses pemadaman sulit. Belum lagi kendala asap yang tebal menambah tingkat kesulitan.  

Baca juga: TPA Sampah Alak di Kota Kupang Terbakar

"Kesulitannya terbesar adalah karena minimnya sumber air disekitar lokasi kebakaran selain itu juga asap yang tebal dan angin yang kencang di lokasi," Kata Deden, Selasa (17/10).

Deden mengaku petugas saat ini fokus pada pemadaman api yang kembali muncul. "Strategi yang dilaksanakan saat ini adalah penyiraman secara terus menerus dengan air di titik api dan titik asap yang kembali muncul. Serta melaksanakan penyekatan agar api tidak menjalar ke tempat lain," ujar Deden.

Baca juga: Api belum Padam, TNI-POLRI di Bali Dikerahkan

Dede menyebutkan, Dinas Lingkungan hidup dibantu Dinas Damkar Purwakarta sudah mengerahkan 5 unit kendaraan Damkar dan 3 unit kendaraan tanki air. Selain itu berencana akan menggunakan water bombing, jika kebakaran kian meluas. Namun Deden yakin api akan bisa dipadamkan dalam 2 hingga 3 hari ke depan. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat