visitaaponce.com

Ganjar Temui Budayawan Yogyakarta, Dihadiahi Patung Nusantara

Ganjar Temui Budayawan Yogyakarta, Dihadiahi Patung 'Nusantara'
Ganjar Pranowo bertemu budayawan dan seniman asal Yogyakarta(Dok. Pribadi)

BAKAL calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo bersilaturahmi dan beramah tamah dengan budayawan dan seniman asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Acara ini berlangsung di kediaman Butet Kartaredjasa di Kembaran Tamantirto, Bantul, Yogyakarta.

Dalam kesempatannya, Ganjar diberikan patung oleh Butet Kartaredjasa. Butet menuturkan patung tersebut memiliki pesan mendalam yang ingin ia sampaikan. Patung itu bertuliskan Nusantara, dengan penulisan dari bawah ke atas.

"Patung kecil hasil wirid saya, saya lagi berkesenian dengan wirid visual. Ini dibaca dari bawah, Nusantara. Nusantara, jadi tegak lurus kepada Nusantara, bukan tegak lurus kepada siapapun. Ini saya hadiahi kepada Mas Ganjar," kata Butet.

Baca juga : Ganjar Berencana Optimalisasi Potensi Kelautan-Pertanian Indonesia

Selain patung, Ganjar juga diberikan sebuah lukisan bergambar wajahnya. Lukisan itu karya dari dari Haryoko. Lukisan diberikan oleh Butet. Ganjar kembali mengungkapkan rasa terima kasih.

Ganjar juga memaparkan betapa pentingnya seni dan budaya dalam mempererat persatuan bangsa. Ia meyakini bahwa seni memiliki peran besar dalam membawa kemajuan bagi Indonesia.

Baca juga : Siti Atikoh: Cerahkan Kehidupan dengan Terlibat di Komunitas Difabel

Ganjar dan para seniman berdiskusi tentang seni, budaya, dan peran pentingnya dalam mempererat persatuan bangsa.

"Meskipun kesannya guyon, sebenarnya substansinya dalam sekali. Makna-makna yang sifatnya konotatif itu keluar, dan itu lebih pada perasaan, meskipun orang disindir dengan perasaan enggak bisa," ungkap Ganjar.

Sejumlah seniman dan budayawan yang hadir diantaranya Putu Sutawijaya, Ong Hary Wahyu, Nasirun, Marwoto, Kus Indarro, Suwarno Wisetrotomo, Rini, Herlambang Yudho, TASS pijar, Sunardian Wirodono, Arif Affandi, Dodi Kuskrido, Lucia Hartini, Paningron, Bambang Heras, Ahmad Syaifi, Hairus Salim, Ampun Sutrisno, Encik Krisna, Jumaldi Alfi, Arie Sujito, Toto Hedi, Effy, Iwan Yusuf, Edi Sunaryo, Wawan hingga M Toriq. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat