visitaaponce.com

Lebih dari Tiga Ribu Titik Panas Terpantau di Sumatra, Terbanyak di Sumsel

Lebih dari Tiga Ribu Titik Panas Terpantau di Sumatra, Terbanyak di Sumsel
Kabut asap di Palembang, Sumsel akibat Karhutla(Antara/Nowa Wahyudi)

JUMLAH titik panas atau hotspot sebagai indikator kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumatra terus meningkat. Saat ini, terdeteksi sebanyak 3.691 titik panas dengan jumlah terbanyak masih berada di Sumatra Selatan yang mencapai 2.934 titik.

"Jumlah titik panas di Sumatra sebanyak 3.691 titik. Jumlah terbanyak ditemukan di Sumatra Selatan sebanyak 2.934 titik," kata forecaster on duty Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Anggun, Rabu (18/10).

Ia menjelaskan, selain Sumatra Selatan dengan 2.934 titik, jumlah titik panas terbanyak juga terpantau di Lampung sebanyak 385 titik, Jambi 163 titik, Riau 87 titik, Bangka Belitung 80 titik, Sumatra Barat 22 titik. Kemudian Bengkulu dan Kepulauan Riau masing-masing 10 titik panas. Sehingga total titik panas di Sumatra mencapai 3.691 titik.

Baca juga : Nestlé Bear Brand Dukung Petugas Pemadam Atasi Karhutla di Kalbar

Sedangkan sebanyak 87 titik panas di Riau, jumlah terbanyak terdeteksi di Indragiri Hulu 61 titik, Indragiri Hilir 15 titik, Pelalawan 7 titik, Kuantan Singingi 3 titik, dan Rokan Hilir 1 titik.

Sementara kualitas udara di Pekanbaru masih terpantau pada level tidak sehat meski hujan ringan sempat mengguyur wilayah itu pada pagi hari. Adapun situasi karhutla dalam kondisi aman dan kondusif.

Baca juga : Titik Panas Karhutla Sumatra Tembus 3.692 Titik, Kualitas Udara Tidak Sehat

"Alhamdulillah beberapa hari ini ada hujan, meski tidak merata. Kondisi karhutla sejauh ini masih kondusif," kata Komandan Manggala Agni Daops Pekanbaru Chaerul Parsaulian Ginting kepada Media Indonesia.(Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat