visitaaponce.com

Harga Bawang Merah Terus Merosot ABMI akan Temui DPR

Harga Bawang Merah Terus Merosot ABMI akan Temui DPR
Buruh tani memanen bawang merah di area persawahan Desa Paron, Kediri, Jawa Timur(ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

HARGA bawang merah di tingkat petani terus merosot sejak beberapa bulan terakhir. Petani bawang merah yang tergabung dalam Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) pun, resah dan akan segera menghadap Komisi IV DPR-RI.

Keluhan terus merosotnya harga bawang merah disampaikan Ketua Asosiasi Bawang Merah Indonnesia (ABMI) bersama sejumlah pengurus Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) lainnya, saat meninjau gudang bawang merah di Desa Klampok, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu (18/10/2023)

Upaya agar harga bawang merah terkerek naik sudah dilakukan, antara lain dengan mengekspor bawang merah ke luar negeri. Seperti yang kerap dilakukan pemerintah melalui Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan Kementerian Pertanian antara lain ke Thailand dan Singapura. Namun, harga bawang merah tetap jeblok.

baca juga: Ombudsman Temukan Maladministrasi Izin Impor Bawang Putih

Ketua Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) Dian Alex Chandra, menuturkan harga bawang merah di tingkat petani saat ini hanya Rp8 ribu sedangkan biaya produksinya Rp15 ribu per kg. Kondisi seperti ini diperparah dengan terserangnya tanaman bawang merah oleh hama yang disebut hama janda pirang.

"Kami akan segera ke Jakarta untuk menemui Komisi IV DPR-RI, untuk menanyakan Tentang Peraturan Kementerian Perdagangan (Permendag) No 16 Tahun 2017, yang menyebutkan jika harga bawah merah jatuh, pemerintah wajib segera melakukan penyerapan," ujar Alex.

Alex menyebut merosotnya harga bawang merah juga lantaran daerah penghasil bawang merah selain di Kabupaten Brebes juga sedang panen raya.

"Sekarang kan banyak daerah seperti di sejumlah daerah Jawa Timur juga NTB yang menjadi sentra bawang merah sehingga stoknya melimpah meski yang terbanyak masih di Kabupaten Brebes," jelas Alex.

Dalam pertemuan nanti, pihak ABMI meminta agar melibatkan Kementerian terkait seperti Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian. "Dalam pertemuan nanti kami minta kementerian terkait lainnya juga dilibatkan," pungkasnya.

Seperti diketahui, harga bawang merah di tingkat petani di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terus merosot dan sudah berlangsung beberapa bulan terakhir.

Merosotnya harga bawang merah ini, diperparah dengan banyaknya tanaman bawang merah yang terserang hama yang disebutnya hama janda pirang. Sehingga kondisi para petani bawang merah kian terpuruk. (N-1)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat