visitaaponce.com

Pengamat Banjir di Brebes jadi Salah Satu Penyebab Harga Bawang Merah Naik

Pengamat : Banjir di Brebes jadi Salah Satu Penyebab Harga Bawang Merah Naik
Harga bawang naik diprediksi karena Brebes banjir(MI/Rendy Ferdiansyah)

PENELITI Center of Reform on Economic (CORE) Indonesia, Eliza Mardian turut mengomentari harga bawang merah yang harganya kian meroket naik. Ia menilai bahwa banjir yang melanda Kabupaten Brebes sebagai salah satu produsen bawang merah Indonesia menjadi salah satu penyebab harga bawang merah naik.

"Brebes ini memang jadi kabupaten penghasil bawang merah terbesar di Indonesia, kontribusinya cukup besar yakni 18,5 persenan, begitu juga dengan Demak, kabupaten kedua terbesar penghasil bawang merah," ujar Eliza saat dihubungi pada Rabu (24/4).

Adanya banjir di wilayah tersebut, sambung dia, tentu saja menganggu ketersediaan suplai dari komoditas bawang merah itu sendiri. Akibatnya, karena kurangnya supply ini menyebabkan harga ditingkat produsen meningkat.

Baca juga : Bengkulu Antisipasi Kenaikan Harga 3 Komoditas Jelang Ramadan

"Selain karena faktor cuaca juga karena pola budidaya, misal untuk Brebes itu panen rayanya bulan Mei-Juni. Jadinya, Maret-April ini masih belum memadai dari sisi suplainya, akibatnya harga (bawang merah) terkerek," jelas dia.

Ia meminta pemerintah untuk mengantisipasi hal tersebut dari tingkat hulu serta memperbaiki tata kelola dengan mendukung pendistribusian yang baik sehingga produk bawang merah bisa disebar merata ke setiap daerah.

"Petani kita masih belum banyak yang siap secara teknologi dan budidaya untuk menghadapi perubahan cuaca seperti ini," ungkapnya.

Selain itu, ia juga menyarankan kepada pemerintah agar memberikan program kepada petani yang mengarah untuk meningkatkan resiliensi petani menghadapi perubahan cuaca.

"Apaagi dampak perubahan iklim kian nyata, sehingga petani kita sudah saatnya untuk didukung agar resilien menghadapi perubahan itu," tandasnya

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat