visitaaponce.com

Program Pandai Berhitung Metode Gasing Diterapkan di Buleleng

Program Pandai Berhitung Metode Gasing Diterapkan di Buleleng
Yohannes Surya memberikan pengajaran Metode Gasing kepada seorang siswa di Madrasah Aliyah Negeri 4 Pondok Pinang, Jakarta, Senin (16/10).(MI/SUSANTO)

BULELENG menjadi kabupaten pertama di Bali yang menggelar pelatihan Program Pandai Berhitung Metode Gasing (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan). Metode tersebut dikembangkan oleh tokoh sains dan matematika Indonesia Prof Yohannes Surya.

Metode Gasing memuat materi perkalian, kuadrat, dan pembagian cepat tanpa menuliskan perhitungan di kertas. Gasing menerapkan cara berhitung sambil bernyanyi, berjoget, dan bermain.

Pelatihan Metode Gasing di Buleleng diikuti 32 guru pada 2-18 Oktober kemarin di SD Negeri 3 Banjar Jawa. Ditargetkan pada akhir tahun ini, seluruh guru di Buleleng telah mengikuti pelatihan.

Baca juga:  Terinspirasi Siswa Papua, Presiden Ingin Metode Gasing Matematika Diterapkan Nasional

"Untuk saat ini dilatih 32 guru yang nantinya menjadi pelatih bagi guru lain di seluruh Buleleng. Kemudian, seluruh guru di Buleleng akan menerapkan metode gasing ini kepada para siswa di sekolah," kata Pj Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana.

Lihadnyana mengungkapkan alasan Buleleng menjadi kabupaten pertama di Bali yang menyelenggarakan pelatihan metode gasing ini ialah karena wilayah kerjanya dikenal sebagai Kota Pendidikan. 

Sementara Yohanes mengatakan Metode Gasing telah diterapkan juga di Kota Bitung (Sulawesi Utara) dan Kabupaten Humbang Hasundutan (Sumatera Utara).

Baca juga: Mayoritas Siswa Indonesia Sulit Bedakan Fakta dan Opini

"Buleleng bisa menjadi kabupaten pertama di Bali (menerapkan Metode Gasing) hingga ke tingkat siswanya juga. Makanya tadi targetnya kan Januari-Februari 2024 bisa diselesaikan. Seluruh anak di Buleleng sudah pantai berhitung. Gampang sekali indikatornya, anaknya dites saja," imbuh Yohannes.

Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng Made Astika menyampaikan bahwa ditargetkan sampai dengan Maret 2024, anak-anak didik sudah diajari Metode Gasing. Hal tersebut dikarenakan semua sekolah khususnya tingkat Sekolah Dasar (SD) sudah memiliki trainer. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat