visitaaponce.com

Musim Hujan Tiba, Jawa Barat Siaga Bencana

Musim Hujan Tiba, Jawa Barat Siaga Bencana 
Ilustrasi(Istimewa)

BADAN Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Jawa Barat (Jabar), kini mulai mengantisipasi terjadinya bencana di masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Meski kini intensitas hujan masih rendah dan baru turun di beberapa titik.

"Sebenarnya sudah November 2023 ini sudah mulai memasuki musim hujan, cuma intensitasnya mungkin masih tidak terlalu tinggi. Biasanya yang berpotensi di musim peralihan itu adalah angin puting beliung," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jabar, Hadi Rahmat Rabu (25/10).

Menurut Hadi, jika mangacu kepada BMKG, musim hujan akan terjadi pada awal November 2023 dengan intensitas rendah. Maka, BPBD mengimbau masyarakat untuk waspada karena saat ini wilayah Jabar sedang memasuki masa peralihan atau pancaroba. "Karena kalau berdasarkan prediksi itu puncak musim hujan itu di bulan Februari (2024). Jadi masyarakat diimbau waspada akan potensi bencana," imbuhnya.

Baca juga : 33 Rumah di Bangka Rusak Dihantam Puting Beliung

Selain puting beliung, kata Hadi, potensi bencana yang harus diwaspadai masyarakat dalam masa peralihan ini yakni bencana hidrometeorologi. Khusus di Bandung Raya, dia menyebut banjir dan tanah longsor harus jadi perhatian. 

"Kalau bicara dominan sebenarnya untuk pada saat musim hujan itu ada dua, yaitu banjir sama longsor. Tapi kan yang mesti diwaspadai tetap angin puting beliung itu apalagi pada saat musim peralihan," lanjutnya.

Baca juga : 10 Daerah Masuki Musim Hujan Akhir Oktober Ini

Di Kota Bandung sendiri ucap Hadi, sebenarnya konturnya datar. Jadi akan lebih banyak potensi yang terlihat adalah potensi banjir. 

Tapi, kalau misalnya wilayah Kabupaten Bandung Barat, yang memang konturnya banyak yang berbukit-bukit, tentu rawan potensi longsor.

 

BMKG minta masyarakat cek prakiraan cuaca

Sementara itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan cuaca Kota Bandung untuk hari Rabu (25/10). Jika masyarakat berencana untuk beraktivitas atau pergi ke wilayah Bandung, ada baiknya mengetahui informasi cuaca sepanjang hari ini.

Prakiraan cuaca di bawah ini membuatmu waspada dan bisa berjaga-jaga saat beraktivitas di luar rumah. Dikutip dari laman resmi BMKG, cuaca Bandung diperkirakan cerah berawan di pagi hari, hujan ringan saat siang hari, serta berawan pada malam hari. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat